PENGARUH MODEL RECEPTION LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN PUISI BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA SISWA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.24853/pl.4.1.29-36Abstrak
Puisi menjadi salah satu cara menyalurkan pikiran dan perasaan dalam bentuk karya sastra. Peneliti menggunakan model reception learning dan media teka-teki silang sehingga dapat merangsang dan menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan menggunakan desain posttest-only control design. Model reception learning berbantuan media teka-teki silang ini memberikan pengaruh terhadap pembelajaran puisi, khususnya pada analisis unsur pembangun puisi siswa kelas X jurusan Matematika dan ilmu alam (MIA) 2 di SMA Nusantara Plus. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil uji t dengan menggunakan SPSS 21, diperoleh nilai signifikansi < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut diartikan bahwa model pembelajaran reception learning berbantuan media teka-teki silang berpengaruh terhadap pembelajaran puisi. Dengan menggunakan model dan media tersebut, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,52., sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 69,28. Dapat disimpulkan bahwa nilai kelas eskperimen lebih besar dibandingan dengan nilai kelas kontrol.Referensi
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.
Kosasih, E. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Jakarta: Nobel Edumedia.
Majid, Abdul. 2015. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maryanti, Sri dan Dede T.K. 2017. Impelementasi Pemanfaatan Media Teka-Teki Silang (TTS) Online dalam Matakuliah Neurosains Untuk Mahasiswa Calon Guru Raudhatul Athfal. Jurnal Pendidikan Anak. 3(2): 124-138. (www.syekhnurjati.ac.id diakses pada 6 Mei 2019).
Riantika dan Faisal Abdullah. 2015. Penggunaan Media Teka-Teki Silang dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pengabuan Kabupaten Pali. (1). 181-194. (www.jurnalradenfatah.ac.id diakses pada 6 Mei 2019).
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, M.S. 2014. Metode dan Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).