ETNOGRAFI VIRTUAL KOMODIFIKASI DA’WAH USTADZ DI CHANNEL YOUTUBE
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bambang S. Ma’arif, (2010). Komunikasi Dakwah: Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. (2010). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Hesmondhalgh, David. (2007). The Cultural Industries 2nd Edition. London: SAGE Publication Ltd
Hine, C. (2000). Virtual Ethnography. London, UK: SAGE Publications.
Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi: Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ibrahim, I.S. (2011). Budaya Populer Sebagai Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.
Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Murfianti, Fitri. (2012). Komodifikasi Dakwah Dalam Religiotainment di Stasiun Televisi Indonesia. Jurnal Pendhapa. Vol 3 (1). https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/pendhapa/article/view/1191/1185
Moh. Ali Aziz, (2004). Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana.
Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication
Nasrullah, Rulli. (2018). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
_______. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nabiri, An. dan Fathul Bahri, (2008). Meniti Jalan Dakwah: Bekal Perjuangan Para Da’i. Jakarta: Amzah
Nugroho, Catur. (2020). Ekonomi Politik Media : Sebuah Pengantar Kritis. Pamulang: Sedayu Sukses Makmur.
Pattana, Kitiarsa. (2007). Asia’s Commodified Sacred Canopies: Religious Commodifications In Asia. USA dan Canada: Routledge
Partanto, Pius A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Penerbit Arkola.
Ramadhan, Randy dan Henny Destiana. (2018). Pengaruh Media Sosial YouTube Terhadap Perkembangan Dakwah Islam dengan Metode Structural Equation Modeling (SEM). Sinkron: Jurnal & Penelitian Teknik Informatika. Volume 1 (3), https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/index
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. (2011). Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju
Sumber online
Ferdi, Arifin. (2019). Mubalig Youtube dan Komodifikasi Konten Dakwah. Jurnal Dakwah dan Komunikasi: Al Balaqh. Vol. 4 (1). Hlm 91-120. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id
Huda, M. (2018). Komodifikasi Pesan Dakwah Pada Iklam Pertamina Versi Tabungan Terbaik di Televisi, Jurnal Dakwah dan Komunikasi : JDK STAIN Curup, 3(2), 137-150. journal.iaincurup.ac.id
Huda, Miftahul. (2020). Komodifikasi Dakwah dan Covid 19 Dalam Iklan Gojek Versi Komik Ramadhan 2020. Jurnal Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah. Vol 10 (2). https://ejurnal.iainpare.ac.id/index
Muchtar, K. & Ghalia, F. R. (2018). Respon Mahasiswa Terhadap Tayangan Dakwah Islamiyah Khazanah (Tran7) dan Damai Indonesiaku (TV One). Interdisciplinary Journal of Communication, 3(2), 147-174.
Prajarto, Nunung. (2018). Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 15 (1). Hlm 33-46. http://jurnal.upnyk.ac.id/
Risqiyah, NeilisVika (2017). Gaya Bahasa Retoris Dalam Cerpen Ojiisan no Ranpu Karya Niimi Nankichi. Skripsi. http://eprints.undip.ac.id/58266/1/skripsi_full.pdf
Risdayah, Enok. (2020). Nur Hidayahan : Komodifikasi Dakwah. Jurnal Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah. Vol 20 (2). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php
Rubawati, Efa. (2018). Media Baru : Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi. Vol 2 (1). Hlm 126-142. https://ejournal.unitomo.ac.id
Rustandi, Ridwan. (2018). Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Dai dalam Program Televisi. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. Vol 2 (2). Hlm 197-222. http://journal.uinsgd.ac.id
Saudi, Y. (2018). Media dan Komodifikasi Dakwah. Jurnal Komunikas dan Penyiaran Islam: Al-Ilam, 2(1), 37-44. https://www.researchgate.net/journal/Al-I-lam-Jurnal-Komunikasi-dan-Penyiaran-Islam-2598-8883
Yasir. (2015). Komodifikasi dan Pengaburan Makna Simbol dalam Industri Televisi (Analisis Semiotika Sinetron Tukang Bubur Naik Haji di RCTI Episode 1060). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 113-190, http://jurnal.upnyk.ac.id/
Zaini Ahmad. (2013). Dakwah Melalui Internet. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam: At Tabsyir. Vol 1 (1). Hlm. 93-108. journal.iainkudus.ac.id.
https://republika.co.id/berita/qar7j9440/dakwah-ustadz-populer-di-medsos-komodifikasi-agama, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.
https://money.kompas.com/read/2021/01/22/090554926/jumlah-penduduk-indonesia-terkini-mencapai-27134-juta, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.
https://blog.apjii.or.id/index.php/2020/11/09/siaran-pers-pengguna-internet-indonesia-hampir-tembus-200-juta-di-2019-q2-2020/, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 11:37 WIB.
https://www.merdeka.com/jatim/10-macam-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-oleh-orang-indonesia-kln.html, diunduh tanggal 02 Mei 2021, pukul 22:37 WIB.
https://www.instagram.com/ustadzabdulsomad_official,
http://jmf.fisipol.ugm.ac.id/2017/11/bertahan-di-tengah-guncangan-komodifikasi-agama/
https://pontianak.tribunnews.com/2020/02/22/profil-singkat-ustadz-dasad-latif.
https://www.facebook.com/ust.dasad.latif
https://www.twitter.com//DasadLatif01
https://www.instagram.com/dasadlatif1212
youtube.com/dasadlatif
DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.111-128
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats