POPULARITAS PODCAST SEBAGAI PILIHAN SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEJAK PANDEMI COVID-19

Idham Imarshan

Abstract


Perkembangan teknologi dan informasi telah dibuktikan dengan kemunculan media baru yang penggunaannya semakin masif. Salah satu media baru tersebut adalah podcast, yaitu sebuah dokumen digital audio yang dibuat dan kemudian diunggah secara online untuk dibagikan atau didistribusikan ke publik. Podcast dianggap sebagai alternatif radio, di mana Nielsen pada 2016 memprediksi bahwa tahun 2020 merupakan awal dari “new golden age of audio”. Hal ini terbukti, di mana jumlah pendengar podcast meningkat tiga kali lipat pada tahun 2020 di Indonesia. Tahun 2020 merupakan tahun di mana pandemi Covid-19 terjadi dan berdampak pada berbagai aspek dan dimensi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan popularitas podcast sejak pandemi Covid-19 dan menganalisis keberadaan podcast sebagai pilihan sumber informasi utama bagi masyarakat sejak pandemi Covid-19 di Indonesia. Penelitian ini dilakukan berdasarkan teori uses and gratifications. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan kepustakaan, yakni dengan membaca, memilah, serta melakukan analisis jurnal, berita, maupun laporan penelitian terdahulu dengan topik podcast. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa keberadaan podcast telah memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai dampak dari pandemi Covid-19 dalam dimensi ekonomi, lingkungan, dan sosial, yang telah memunculkan kebutuhan informasi melalui pemanfaatan teknologi. Apabila dihubungkan dengan teori uses and gratifications, podcast sesuai dengan kepentingan pendengarnya dalam dimensi informasi, kesenangan, komunikasi, dan transaksi. Jumlah pendengar podcast yang meningkat juga telah menjadikan podcast sebagai sumber informasi utama bagi pendengarnya. 

Keywords


Covid-19; Media Baru; Podcast; Uses and gratifications

Full Text:

PDF

References


Aufderheide, dkk. (2019). Podcasting as Public Media: The Future of U.S. News, Public Affairs, and Educational Podcasts. International Journal of Communication 14(2020), 1683-1704.

Auliya, Sarah Putri. (2020). Komunikasi Antarpribadi di Ruang Publik Berbasis Digital: Analisis Self-Disclosure dalam Podcast Bagi Suara. Metakom: Jurnal Kalian Komunikasi, 4(1), 15-27.

Berry, Richard. (2016). Podcasting: Considering The Evolution of The Medium and Its Association with The Word ‘Radio’. The Radio Journal International Studies in Broadcast and Audio Media, 14(1), 7-22.

Chitra, Bella dan Roswita Oktavianti. (2019). Strategi Digital Public Relations Pegiat Podcast dalam Membangun Brand Engagement (Studi Kasus dalam Podcast Duo Budjang). Prologia, 3(2), 532-538.

Cin, Su dan Lusia Savitri Setyo Utami. (2020). Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast. Koneksi, 4(2), 235-242.

Dalila, Nadana dan Niken Febrina Ernungtyas. (2020). Strategi Storytelling, Spreadability, dan Monetization Podcast sebagai Media Baru Komedi. Jurkom: Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 1140-160.

Evandio, Akbar. (2021). Wah, Pendengar Podcast Meningkat 3 Kali Lipat. Diakses dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20210101/12/1337659/wah-pendengar-podcast-meningkat-3-kali-lipat pada 1 April 2021.

Gogali, Venessa Agusta dan Muhammad Tsabit. (2020). Eksistensi Radio dalam Program Podcast di Era Digital Konten (Studi Deskriptif Program Podcast 101jakfm.com. Global Komunika, 3(1), 64-73.

Humaniora. (2020). Deddy Corbuzier Youtuber Terkaya di Indonesia. Diakses dari https://mediaindonesia.com/humaniora/341711/deddy-corbuzier-youtuber-terkaya-di-indonesia pada 1 April 2021.

Ihsanudin. (2020). Jokowi: Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah Perlu Digencarkan. Diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan?page=all pada 5 April 2021.

Indriastuti, Faiza dan Wawan Tri Saksono. (2014). Podcast sebagai Sumber Belajar Berbasis Audio. Jurnal Teknodik, 18(3), 304-314.

Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 103-121.

Lailika, Adriesty Salma dan Asep Purwo Yudi Utomo. (2020). Analisis Tindak Tutur Representatif dalam Podcast Deddy Corbuzier dengan Nadiem Makarim-Kuliah Tidak Penting?. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 97-109.

Lavircana, Rinda, Murdiansyah Herman, dan M. Agus Humaidi. (2020). Penggunaan Podcast sebagai Media Hiburan dan Informasi di Banjarmasin. Banjarmasin: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Listyarini dan Sarifan Firda Arindita Nafarin. (2020). Analisis Deiksis dalam Percakapan pada Channel YouTube Podcast Deddy Corbuzier Bersama Menteri Kesehatan Tayangan Maret 2020. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 58-65.

Mayangsari, Dewi dan Dinda Rizki Tiara. (2019). Podcast sebagai Media Pembelajaran di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 3(2), 126-135,

Mungkasa. (2020). Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID 19. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 126-150.

Putra, Ivan Fahturachman. (2020). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2016 FISIP UNTAG Surabaya terhadap Podcast YouTube Deddy Corbuzier. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Rachmawati, Farida, Kurnia Muhajarah, dan Naily Kamaliah. (2019). Mengukur Efektivitas Podcast sebagai Media Perkuliahan Inovatif pada Mahasiswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 38-44.

Radika, Mochamad Irfan dan Sri Dewi Setiawati. Strategi Komunikasi Podcast dalam Mempertahankan Pendengar (Studi Kasus dalam Podcast Do You See What I See). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 96-106.

Ramadhany, Iskandar Dinata. (2020). Peran Podcast sebagai Media Penyiaran Modern Berbasis Audio (Studi Kualitatif Pengguna Memilih Podcast sebagai Media Alternatif Hiburan). Banjarmasin: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyal Al-Banjari.

Rusdi, Farid. (2012). Podcast sebagai Industri Kreatif. Jakarta: Universitas Tarumanegara.

Susilowati, Ratna Dwi, Sutama, dan Nuqhty Faiziyah. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 4(1), 68-78.

Ummah, Athik Hidayatul, M. Khairul Khatoni, dan M. Khairurromadhan. (2020). Podcast sebagai Strategi Dakwah di Era Digital: Analisis Peluang dan Tantangan. Komunike, 12(2), 210-234.

Zellatifanny, Cut Medika. (2020). Tren Diseminasi Konten Audio on Demand melalui Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117-132.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ