MODEL DIALOGIS DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN PERGURUAN TINGGI SWASTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Tresna Wiwitan, Neni Yulianita, Sophia Novita

Abstract


Proses belajar secara daring (online) dalam bentuk perkuliahan jarak jauh merupakan alternatif dan menjadi kebutuhan dalam menyelenggarakan perkuliahan pada mahasiswa. Berbagai permasalahan muncul ketika Perguruan Tinggi harus melakukan semua kegiatan dilakukan secara online sehingga komunikasi pelayanan di Perguruan Tinggi pada saat pandemi Covid-19 menjadi hal yg penting, dimana mahasiswa tidak bertemu langsung dengan dosen dan tenaga kependidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis Komunikasi Pelayanan Perguruan Tinggi Swasta di Masa Pandemi Covid-19.  Metode penelitian kualitatif studi kasus di Universitas dan Sekolah Tinggi yang menjadi mitra Unisba di LLDIKTI wilayah IV Jawa Barat dan Banten. Pemilihan objek penelitian dilakukan secara purposif dan subjektif, yaitu Universitas Sangga Buana, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Bandung, dan Sekolah Tinggi Administrasi Sebelas April Sumedang. Teknik pengumpulan data dilakukan wawancara mendalam terhadap informan yang terlibat dalam komunikasi pelayanan di PTS yang terpilih, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwah (1) Hambatan komunikasi pelayanan online terjadi apabila jaringan internet tidak mendukung dan secara offline banyak mahasiswa yang tidak mentaati protocol kesehatan, (2) Standarisasi komunikasi pelayanan selama pandemic covid-19 dilakukan dalam bentuk komunikasi dialogis.


Keywords


Komunikasi Pelayanan, Komunikasi Dialogis, Model Two-Way Symmwtric, Public Relations.

Full Text:

PDF

References


Clise, Devi & Yuliana Putri. (2020).Perkuliahan Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PTK & Pendidikan Vol. 6, No. 2, Hal (57-60). DOI : 10.18592/ptk.v6i2.4151

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (Lms) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing, 4(2), 1. https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312

Gumanti, Desi & Serli Diovani Teza.(2021). Analisis Tingkat Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Perkuliahan Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Halm 1638 - 1646. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.623

Hartini, T. (2019). Upaya Perhumas Dalam Meningkatkan Kompetensi Public Relations. Makna : Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 31–57. http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/makna/article/view/1671

Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal ASPIKOM, 1(4), 373. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i4.38

Jatmoko, Dwi & Mahfudz Faizun.(2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19.J urnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Volume: 5, Nomor: 2, 2019. DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v6i1.6495

Kriyantono, R. (2014). Teori public relations perspektif barat dan lokal: Aplikasi penelitian dan praktik. Kencana. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=130884&pRegionCode=UNTAR&pClientId=650

Kriyantono, R. (2019). Public Relations Activities of State Universities Based on Excellence Theory. Avant Garde, 7(2), 154. https://doi.org/10.36080/ag.v7i2.901

Kurdi, Maslichah.(2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com)

Edisi 07 No. 4, Oktober – Desember 2020, p. 04-09 ISSN: 2355-4118

M Saleh. (2010). Public Service Communication. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Perdana, D. A. (2019). PELAYANAN KOMUNIKASI PERBANKAN DAN KEPUASAN NASABAH (PERSPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM). Islamic Comunication Journal, Volume 04. https://doi.org/10.21580/icj.2019.4.2.3959

Punjul S. Nugraha, I. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KEHUMASAN DIGITAL KEMENTERIAN LUAR NEGERI. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11, 35–48.

Surani, Dewi., Jaka Wijaya Kusuma2, Nugrahini Kusumawati. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Massa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 5 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2020 Halaman: 1338—1349

Sulvinajayanti. (2018). PRAKTIK PUBLIC RELATION DALAM PANDANGAN ISLAM. KOMUNIDA : MEDIA KOMUNIKASI DAN DAKWAH, 08 No 2. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v8i2.628

Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 4(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.18626




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.2.175-182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ