PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KESELAMATAN BERKENDARA DIJALUR BYPASS BIL I

SANDI JUSTITIA Putra, Dimas Ardhi Pangarsa

Abstract


Dalam perkembangan dunia transportasi dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang signifikan baik itu transportasi laut, udara, tidak terkecuali transportasi darat. Hal tersebut menyebabkan kurangnya etika dan tenggang rasa antara pengendara kendaraan bermotor. Karena kurang patuhnya terhadap etika berlalu lintas maka masih sering terjadi kecelakaan dijalan. Iklan Layanan Masyarakat (Public Service Announcement) adalah kampanye periklanan non komersial yang tidak memiliki kepentingan politik atau kepentingan kemajuan sebuah perusahaan, semata-mata kepentingannya yaitu untuk memperbaiki keadaan yang dapat mengancam jiwa atau kehidupan seseorang. Ingin merubah perilaku yang salah supaya menjadi benar untuk kepentingan bersama. Dari sekian banyaknya angka kecelakaan yang terjadi di daerah Lombok ini lebih lagi khususnya pada jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) 1, merupakan salah satu jalan bebas hambatan yang dibangun untuk mempermudah pengguna kendaraan bermotor dan mobil untuk cepat sampai pada bandara, tercatat setiap tahunnya terjadi 10 kasus kecelakaan di jalan bypass BIL 1. Ini disebabkan masyarakat yang kurang sadar untuk menjaga keselamatan dalam berkendara yang baik dan benar sesuai peraturan tata tertib lalu lintas yang berlaku. Maka dari itu, untuk mengurangi tingkat kecelakaan di jalan baypass BILL, peneliti akan membuat karya papan iklan layanan masyarakat dengan desain ilustrasi vector menjadi media yang tepat untuk mensosialisasikan iklan tentang keselamatan berkendara di jalur bypass BIL 1. Karya papan iklan layanan masyarakat ini dipandang sangat tepat untuk menjangkau target audien dengan cara yang tidak biasa dan lebih mengena pada sasaran dari perancangan. Karya ilustrasi iklan dekoratif yang simpel dan unik menjadi media yang tepat untuk mensosialisasikan kepada target audien khususnya pengguna jalan atau pengendara agar mudah untuk dibaca serta dapat memberikan kesan menggangu pikiran dengan pesan-pesan yang series kepada target audience agar tetap ingat atau memorable experience.


Keywords


Accident, Design, Illustration, Public Service Advertisement

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. (2022). Ilmu Komunikasi Teorik Dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Jivan. (2015). Infrastuktur dan Transportasi, Semarang: Jateng Ekpress

Kasali, R. P., Konsep, M. P., & Aplikasinya di Indonesia, P. T. (1993). Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., & Lee, N. (2008). Social marketing: Influencing behaviors for good. Sage.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual, Jakarta.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pujiyanto. (2013). Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Suharso, B. (2014). Perkembangan Transportasi.

Sutrisno. (2014). Etika Berkendara, Semarang: Tribun News.

Trianda, H. (2014). Akibat Ketidakpatuhan Berlalu Lintas. Semarang: Suara Merdeka.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Suharso, Budi. 2014. Perkembangan Transportasi. Semarang: Tribun News.

Sutrisno. 2014. Etika Berkendara, Semarang: Tribun News.

Trianda, Hana. 2014. Akibat Ketidakpatuhan Berlalu Lintas. Semarang: Suara Merdeka.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.6.2.129-139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ