ANALISIS TEKS DAN JARINGAN PROMOSI MEDIA SOSIAL YOUTUBE MOBIL LISTRIK IONIQ 5 MENGGUNAKAN METODE SNA
Abstract
Era digital telah memberi bentuk baru dalam komunikasi pemasaran. Perusahaan mulai beralih menggunakan kanal media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu platform yang sering digunakan untuk media promosi adalah YouTube. Salah satu yang paling hangat dibicarakan di awal 2022 adalah inovasi mobil listrik yang pertama kali dirakit di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis dan mengevaluasi proses penyebaran informasi promosi tentang mobil listrik IONIQ 5 yang diproduksi oleh Hyundai Motors Indonesia pada platform YouTube; 2) mengidentifikasi sentimen negatif, positif dan netral di kolom komentar promosi video YouTube; 3) mengidentifikasi proses adaptasi inovasi yang terbentuk melalui perbincangan di kolom komentar. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks dan jaringan dengan software Netlytic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hyundai Motors Indonesia berhasil membangun kesadaran merek mobil listrik, dan konsumen Indonesia sudah sadar bahwa ada sebuah inovasi baru yang muncul, tertarik dengan produk inovatif tersebut (interest), dan melakukan uji coba mental terhadap mobil listrik (evaluation), namun belum banyak yang sudah melakukan uji coba langsung (trial), dan memutuskan untuk menggunakan produk inovasi tersebut terus menerus (adoption). Penelitian ini diharapkan dapat membantu pelaku komunikasi pemasaran dalam menggunakan YouTube sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran digital, memperkenalkan sebuah produk inovasi baru, dan membangun kesadaran merek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name.
Ahmad, A. H., Idris, I., Ilham, S., & Masri, R. (2020). Creating Brand Awareness through YouTube Advertisement Engagement. TEST Engineering & Management, 7970–7976.
Alamsyah, D. P., Indriana, Ratnapuri, C. I., Aryanto, R., & Othman, N. A. (2021). Digital Marketing: Implementation of Digital Advertising Preference to Support Brand Awareness. Academy of Strategic Management, 20.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice.
Chansanam, W., Tuamsuk, K., Kwiecien, K., & Oh, S. (2021). Korean Popular Culture Analytics in Social Media Streaming: Evidence from Youtube Channels in Thailand. International Journal of Advances in Intelligent Informatics, 7(3), 329–344. https://doi.org/10.26555/ijain.v7i3.769
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Eriyanto. (2014). Analisis Jaringan Komunikasi, Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (First). Kencana.
Eriyanto. (2019). Hashtags and Digital Movement of Opinion Mobilization: A Social Network Analysis/SNA Study on #BubarkanKPAI vs #KamiBersamaKPAI Hashtags.
Fajar Wiko, M., Hardiono, B., & Wahab, Z. (2020). Analisis Penggunaan Media YouTube dan Instagram pada Anggota Kelompok Suporter Sriwijaya FC dalam Mengonsumsi Informasi. Jembatan : Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 179–208.
Farida, N. (2020). Analisis Jaringan Sosial Komunikasi Pemasaran ada Pemanfaatan Twitter Tokopedia. UG Jurnal, 14, 18–21. https://doi.org/10.1140/epj
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand Awareness, Brand Image and Purchase Intention in the Millennial Generation. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Ieva, M., Ziliani, C., Gázquez-Abad, J. C., & D’Attoma, I. (2018). Online versus Offline Promotional Communication. Journal of Advertising Research, 58(3), 338–348. https://doi.org/10.2501/JAR-2017-040
Ignatio, W., Rizqy, M., Putra, D., & Bratawisnu, K. (2018). Penentuan Top Brand Menggunakan Social Network Analysis pada E-Commerce Bukalapak dan Tokopedia. In Journal Information Engineering and Educational Technology (Vol. 02).
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management Building, Measuring, and Managing Brand Equity.
Kirtiş, A. K., & Karahan, F. (2011). To Be or Not to Be in Social Media Arena as the Most Cost-Efficient Marketing Strategy After the Global Recession. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 24, 260–268. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.09.083
Lathif, T., Suryanto, M., Cahyo Wibowo, N., Itriah, S. A., Faroqi, A., & Fathurohman, D. (2017). Why Indonesian Users Visiting YouTube an Exploration of Uses and Gratification Theory. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.32630.70726
Putri, A. I. A., & Gunawan, J. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perceived Value terhadap Niat Adopsi Mobil Ramah Lingkungan. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(1).
Rizaty, M. A. (2022). 5 Situs Web Hiburan yang Paling Banyak Pengunjung di RI, YouTube Nomor 1.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/27/5-situs-web-hiburan-yang-paling-banyak-pengunjung-di-ri-youtube-nomor-1
Rohimi, P. (2021). SNA dengan Netlytic pada Kolom Komentar Video YouTube Gus Miftah Ceramah di Gereja. Proceeding of The 1st Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era (FICOSIS), 1.
Schiffman, L., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior.
Sharma, R., Ahuja, V., & Alavi, S. (2018). The Future Scope of Netnography and Social Network Analysis in the Field of Marketing. Journal of Internet Commerce, 17(1), 26–45. https://doi.org/10.1080/15332861.2017.1423533
Tulus, V., & Sidabutar, P. (2020). Kajian pengembangan kendaraan listrik di Indonesia: prospek dan hambatannya. In Jurnal Paradigma Ekonomika (Vol. 15, Issue 1).
Visser, M., & Berry, M. (2019). Digital Marketing Fundamentals From Strategy to ROI. https://www.researchgate.net/publication/336375336
Zubair, A., Baharun, R., & Kiran, F. (2022). Role of traditional and social media in developing consumer-based brand equity. Journal of Public Affairs, 22(2). https://doi.org/10.1002/pa.2469
https://www.marketeers.com/tunjuk-president-director-baru-hyundai-indonesia-genjot-ekspansi
https://www.oto.com/berita-mobil/strategi-hadapi-pasar-indonesia-hyundai-kami-punya-banyak-pr
hhttps://industri.kontan.co.id/news/simak-rencana-bisnis-hyundai-motors-indonesia-tahun-ini
https://www.hyundai.com/id/id/hyundai-story/hyundai-indonesia
DOI: https://doi.org/10.24853/pk.7.1.1-18
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
My Stats