PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN KOMUNIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MEMBANGKITKAN NASIONALISME MAHASISWA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Erni Juliana Al Hasanah Nasution

Abstract


Covid-19 membuat cara berpikir dan bertindak manusia berubah dalam banyak hal, termasuk dalam belajar dan penghayatan terhadap nasionalisme. Tujuan dari penelitian ini untuk menilai dan membuktikan adakah pengaruh positif antara Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan komunikasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan jiwa nasionalisme mahasiswa dalam menghadapi Covid-19. Menggunakan pendekatan kuantitatif,  data dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan mengukur tiga variabel, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan komunikasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sebagai variabel independen serta jiwa nasionalisme mahasiswa menghadapi Covid-19 sebagai variabel dependen. Sumber data diperoleh dari 100 orang mahasiswa FISIP UMJ sebagai responden melalui kuesioner dan diukur dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial PKn berpengaruh positif terhadap semangat kebangsaan/nasionalisme mahasiswa menghadapi Covid-19 dan secara parsial PPJ tidak berpengaruh terhadap semangat kebangsaan/nasionalisme mahasiswa menghadapi Covid-19. Namun secara simultan (bersama-sama) PKn dan PPJ berpengaruh terhadap nasionalisme mahasiswa menghadapi covid-19. Dengan demikian diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan baik Pemerintah, dunia pendidikan, masyarakat umum dapat menaruh perhatian yang lebih besar terhadap PKn karena terbukti dapat memperkuat jiwa nasionalisme mahasiswa menghadapi ancaman dan tantangan dari dampak Covid-19 pada tanah air Indonesia.

Keywords


Covid-19; Nasionalisme; Pkn dan PJJ

Full Text:

PDF

References


Bahan Ajar Bidang Studi. (2019). Kewaspadaan Nasional, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23, Cetakan VIII, Undip, Semarang.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia. 2016. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi Cetakan 1, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Jakarta

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2020). Siswa tidak bahagia dengan pembelajaran jarak jauh. https://bebas.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/04/27, diakses 9 Juli 2020, jam 17.00 WIB

Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. (2015). Nasionalisme. Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III, Jakarta

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 dan Nomor 3 Tahun 2020. Surat Edaran Pembelajaran secara Online/Daring dan Bekerja dari Rumah (Work From Home) dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 107/U/2001. Keputusan Penyelenggaraan Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh

Moore, M. dan Kearsley, G. (2012). Distance Education: A Systems View. 3rd Edition. Belmont, CA: Wadsworth Cengage Learning

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Penerbit Alfabeta, Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2012 Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Pada Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. Nomor 21 Tahun 2020 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group, Jakarta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke XXII, Alfabeta, Bandung

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Pendidikan Tinggi.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional

Winarno. (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24853/pk.4.2.101-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


 

My Stats
Powered by Puskom-UMJ