KAJIAN KONSEP DESAIN UNIVERSAL PADA BANGUNAN BOARDING SCHOOL STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AR RISALAH CARIU BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.24853/purwarupa.5.2.33-40Abstrak
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan penerus bangsa, banyak pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi dan Pesantren. Dari semua jenjang pendidikan yang ada hanya beberapa yang menerapkan metode boarding school. Boarding school merupakan sekolah berasrama yang memiliki ke unggulan dalam pendidikan oleh karena itu banyak tokoh-tokoh besar yang lahir dari sekolah berasrama. Untuk menujuang pendidikan perlunya wadah dalam menampung kegiatan belajar mengajar yang dapat diakses oleh siapapun tanpa terkecuali baik itu difabel dan lansia. Berangkat dari isu tersebut konsep desain universal menjadi jawaban untuk membuat bangunan atau kawasan yang dapat diterima oleh semua oarang. Konsep yang memiliki tujuh prinsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami penerapan konsep desain universal pada bangunan boarding school. Metode penelitian menggunakan deskriftif kualitatif dengan menggunakan studi kasus boarding school. Kesimpulan yang didapat daristudi kasus, studi kasus menerapakn konsep desain universal. Dari hasil itu maka disimpulkan bahwa konsep universal dapat diterapkan pada bangunan boarding school.##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
COPYRIGHT POLICY
The author(s) of an article published in the Jurnal Teknologi retains ownership of the intellectual property rights in work (s).
PUBLISHING RIGHTS
The author(s) of an article published in the Jurnal Teknologi have unrestricted publication rights. The authors give the Jurnal Teknologi the right to publish the article and designate the Faculty of Engineering Universitas Muhammadiyah Jakarta Publishing as the original publisher of the article.
LICENSING POLICY
Journal of Mechanical Engineering and Sciences is an open-access journal that follows the Creative Commons Non-Commercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0), which states that:
Under this license, the reusers must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Users may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses users or their use.
Please take the time to read the whole license agreement (https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/). As long as reusers follow the license conditions, the owner cannot withdraw these freedoms. The following components are included under this license:
Attribution: Users must provide appropriate attribution, including a link to the license, and indicate whether or not they made any modifications. Users are free to do so reasonably, but not in a manner that indicates the licensee approves of their usage.
NonCommercial: Users may not use the material for commercial purposes.