PENINGKATAN EFEKTIFITAS PADA PROSES PELEPASAN PISTON REM DEPAN FORTUNER DENGAN SST BPT-FC
Abstract
Proses over houl rem depan fortuner membutuhkan tekanan angin kompresor untuk melepas pistonrem. Proses ini harus dapat melepaskan keempat piston rem secara bersamaan karena keempatpiston rem tersebut dihubungkan dalam satu saluran minyak rem. Apabila ada beberapa piston remyang macet sehingga tidak bisa lepas, hal ini sangat mengganggu,sehingga proses melepas pistonrem dengan tekanan angin kompresor pun sudah tidak efektif lagi, yang mengakibatkan pekerjaanmenjadi terhambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Apalagi cara teknisi melepas pistonrem yang macet tersebut hanya dengan menggunakan alat seadanya dan dapat pula mengakibatkanmaterial piston rusak. Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah alat bantu yaitu BPT-FC, denganmenggunakan prinsip kerja puller untuk mengefektifkan proses pelepasan piston rem. DenganBPTFC ini, proses melepas piston rem dapat dilakukan dengan mudah dan cepat serta meningkatkansafety baik bagi teknisi maupun material piston. Dari hasil penelitian yang dilakukan, waktu prosesover houl rem fortuner turun sampai dengan 51.8%. Sedangkan dari hasil kuesioner teknisi, tingkatkesulitan berkurang 74% serta tingkat safety (cacat pada material piston) pun berkurang 66%.References
Toyota Service Training.PT. Toyota Astra
Motor.Chassis Group Step 2.
Astra International Training Center.PT.
Astra International.Basic Mechanic
Training.
Abdullah Mikrajuddin. 2006. IPA Fisika 2.
Bandung: ESIS.
Kamusq. Alat adalah Pengertian dan
Definisi.http://www.kamusq.com/201
/12/alat-adalah-pengertian-dandefinisi.html. Diakses 4 Juni 2014.
Health Safety Protection. Konsep Dasar
Keselamatan Kerja.
http://healthsafetyprotection.com/kons
ep-dasar-keselamatan-kerja.html.
Diakses 4 Juni 2014.