PENINGKATAN EFEKTIFITAS PADA PROSES PELEPASAN PISTON REM DEPAN FORTUNER DENGAN SST BPT-FC

Penulis

  • Setia Abikusna Arif

Abstrak

Proses over houl rem depan fortuner membutuhkan tekanan angin kompresor untuk melepas pistonrem. Proses ini harus dapat melepaskan keempat piston rem  secara bersamaan karena keempatpiston rem tersebut dihubungkan dalam satu saluran minyak rem. Apabila ada beberapa piston remyang macet sehingga tidak bisa lepas, hal ini sangat mengganggu,sehingga proses melepas pistonrem dengan tekanan angin kompresor pun sudah tidak efektif lagi, yang mengakibatkan pekerjaanmenjadi terhambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Apalagi cara teknisi melepas pistonrem yang macet tersebut hanya dengan menggunakan alat seadanya dan dapat pula mengakibatkanmaterial piston rusak.  Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah alat  bantu  yaitu BPT-FC, denganmenggunakan prinsip kerja puller untuk mengefektifkan proses pelepasan piston rem. DenganBPTFC ini, proses melepas piston rem dapat dilakukan dengan mudah dan cepat serta meningkatkansafety baik bagi teknisi maupun material piston. Dari hasil penelitian yang dilakukan, waktu prosesover houl rem fortuner turun sampai dengan 51.8%. Sedangkan dari hasil kuesioner teknisi, tingkatkesulitan berkurang 74% serta tingkat safety (cacat pada material piston) pun berkurang 66%.

Referensi

Toyota Service Training.PT. Toyota Astra

Motor.Chassis Group Step 2.

Astra International Training Center.PT.

Astra International.Basic Mechanic

Training.

Abdullah Mikrajuddin. 2006. IPA Fisika 2.

Bandung: ESIS.

Kamusq. Alat adalah Pengertian dan

Definisi.http://www.kamusq.com/201

/12/alat-adalah-pengertian-dandefinisi.html. Diakses 4 Juni 2014.

Health Safety Protection. Konsep Dasar

Keselamatan Kerja.

http://healthsafetyprotection.com/kons

ep-dasar-keselamatan-kerja.html.

Diakses 4 Juni 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2014-11-12

Terbitan

Bagian

Articles