MEKANISME DAN PENETAPAN HARGA JUAL PASAR PERSPEKTIF ISLAM

Alifah Devy Derfiana

Abstract


Agama turut andil dalam menselesaikan permasalahan manusia yakni dalam masalah ekonomi antara mikro dan makro serta manusia selaku khalifatullah fil ardh memakai ajaran agama tersebut untuk mewujudkan dengan kata lain kerajaan Allah di muka bumi. Karenanya, ajaran agama memanglah wajib dilaksanakan dalam seluruh aspek kehidupan. Karena Islam juga menjadi agama amal. Dalam sejarah tercatat, jika Mekkah ialah urat nadi dari pusat perekonomian di situ ataupun diketahui dengan istilah Ummul Qura. Pada masa Rasulullah, saudagar kaya sangat memastikan perkembangan perekonomian. Perihal ini diakibatkan oleh pembangunan baik zona keagamaan, spritual ataupun kebudayaan dibentuk dengan mengutamakan prinsip bisnks, keuntungan serta jual beli. Pasar sendiri ialah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk dijadikan alat transaksi jual beli barang dan jasa.


Keywords


agama, Sistem Ekonomi pada zaman Nabi, Pasar

References


Adhi Kusumastuti, and Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif . Semarang, 2019. Accessed December 10, 2021. http://lib.unnes.ac.id/40372/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf.

Agung Zulkarnain Alang. “Mekanisme Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam” I (2018): 31–55.

Aziz, Abdul, achmad dasuki Aly, and nila afifah. “MEKANISME PASAR PRODUK USAHA KREATIF HOME INDUSTRI DI DESA BODELOR DALAM TEORI IBN KHALDUN” 2, no. 2 (2017): 199–214.

Berek, Kristina Liuk, and Saortua Marbun. “Pengaruh Harga Terhadap Penawaran Dan Permintaan Masker Saat Pandemi Covid-19 Di Denpasar Bali” 3, no. 2 (2021): 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.

Halomoan, Junartho. “Aplikasi Refid Pada Pasar Swalayan.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (2010): 56–62.

Nasution, Adanan Murroh. “Konsep Pasar Yang Islami.” Al-Maqasid: Jurnal Ilmu Kesyariahan dan Keperdataan 4, no. 2 (2018): 126–144. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/almaqasid/article/view/1430.

Nel Arianty. “Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Segi Strategi Tata Letak (Lay out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional” 13, no. no 1 (April 2013): 18–29. Accessed December 8, 2021. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis/article/view/106/53.

Suwandi, Muhammad Hakimi Mohd Shafiai, and Wan Nasyrudin Nasyrudin Wan Abdullah. “Pasar Islam (Kajian Al-Quran Dan Sunnah Rasulullah Saw).” Al-Risalah 16, no. 01 (2018): 131.

Tria Anggraini. “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online Dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam” (2017): 1–74. https://id.scribd.com/document/326905399/Kelebihan-Pasar-Raya.

Yenni Samri Julianti Nasution. “Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara.” HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 2, no. 1 (2015): 95–112.

“Kelebihan Membeli-Belah Di Pasar Raya.” Last modified 1384. https://id.scribd.com/document/326905399/Kelebihan-Pasar-Raya.




DOI: https://doi.org/10.24853/trd.2.2.39-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ