ANALISIS PERILAKU PEDAGANG KAKI LIMA DI DESA BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Zulfa Nur Annisa, Fitri Kurniawati

Abstract


Perilaku dalam berdagang selalu terkait dengan nilai akhlak atau nilai etika bisnis. Akan tetapi sebagian pedagang kaki lima kurang memerhatikan etika bisnis Islam dan lalai terhadap kaidah-kaidah yang telah ditetapkan. Etika bisnis harus dipahami dengan benar sehingga dapat mencerminkan perilaku berdagang yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang dalam perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode untuk teknik keabsahan data. Data yang terkumpul diolah dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pedagang kaki lima di Desa Banjardawa Kabupaten Pemalang telah mampu berperilaku sesuai dengan etika bisnis Islam dengan menggunakan kelima prinsip etika bisnis Islam seperti prinsip kesatuan, prinsip keseimbangan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab, dan prinsip kebenaran.

Keywords


Etika bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pedagang Kaki Lima

References


Al Umar, A. U. A. (2022). Analisis Pemikiran Ekonomi Islam Menurut Syed Nawab Haider Naqvi. Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 229–230.

Fatmawati, R. (2021). Implementasi Prinsip Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Mlilir Kecamatan Dolopo. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Haryanti, N., & Wijaya, T. (2019). “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Etika Bisnis.” Ekonomi Syariah, 4(2), 122–129.

Ilham, dkk. (2020). Dasar-dasar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. PT Berkat Mukmin Mandiri.

Kardila, R. F. (2023). Praktik Jual Beli Daging Sapi Campuran Perspektif Hukum Islam Dan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Di Pasar Setono Betek Kota Kediri) [IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/9030

Khutub, M. (2022). The Existence Of Halal Tourism In Indonesia Islamic Business Ethics Perspektive. IEB (Islamic Economics and Business), 1(1), 5.

Masykuroh, N. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM (M. Kurnia (ed.)). Media Karya Publishing.

Muthmainnah. (2019). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Di Pasar Tradisional Peunayong Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Nurul, S., & Ihwanudin, N. (2022). ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TINJAUAN AL-QUR ’ AN DAN HADITS : Islamic Business Ethics in a Review of the Qur ’ an and. Moderation, 2(1), 66.

Putri, S. (2019). Tinjauan Etika BisnisIslam Terhadap Perilaku Pdagang Batako Di Desa Karang Suci Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Samsia. (2021). Transaksi Jual Beli Saat Pelaksanaan Shalat Jum’at Di Pasar Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar (Analisis Etika Bisnis Islam). Institut Agama Islam Negeri Parepare.

Satararuddin. (2020). Analisis Kualitatif Keberadaan Pedagang Kaki Lima di Kota Mataram. Ekonomi Pembangunan, 2(2), 170.

Srihiang, D., Pembangunan, P. E., Ekonomi, F., & Bandung, U. I. (2022). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Kaki Lima di Kecamatan Regol Kota Bandung. Economics Studies, 2(1), 154–164.

Susanto, E. K. O. (2019). Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima Di Kota Metro (Studi Kasus di Pasar Cendrawasih Kota Metro). Instisamsiatut Agama Islam Negeri Metro.

Tarmo, A. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang di Pasar Tradisional Sumoroto Kauman Ponorogo [IAIN Ponorogo]. http://journal.um-surabaya.ac.id

Wijaya, R. A. (2021). Perspektif Etika Bisnis Islam Terhadap Perilaku Pedagang Di Pasar Kamis Desa Nanjungan Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.24853/trd.4.2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter  Creative Commons License 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ