Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis

Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus & Ruang Lingkup

Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis ( JMBB ) merupakan sebuah jurnal akademis  yang berfokus pada bidang ilmu Manajemen dan Bisnis. Artikel jurnal yang dipublikasikan merupakan hasil penelitian kajian empiris, konseptual, studi kasus, dan literatur pada cakupan kajian di bidang :

  1. Bisnis & Ekonomi Islam
  2. Manajemen Keuangan
  3. Manajemen Operasional
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia
  5. Manajemen Pemasaran
  6. Technopreneur

Para pembaca JMMB adalah para akademisi, mahasiswa, praktisi bisnis dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengikuti perkembangan kajian akademis di bidang ekonomi dan bisnis.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses Review Artikel

  1. Setiap manuscript artikel yang masuk dalam JMMB akan ditelaah oleh tim redaksi JMMB, untuk memastikan kesesuaian fokus & ruang lingkup, format teknis selingkung artikel jurnal dan Etika Publikasi.
  2. Selanjutnya, manuscript akan di-review oleh 2 orang mitra bestari ( Reviewer ) secara Blind Review ( Tanpa memperlihatkan nama penulis & institusi kepada reviewer)
  3. Reviewer akan memberikan rekomendasi atas artikel dengan mempertimbangkan: keterbaruan topik, objektivitas, metode, dampak/ implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi. Selanjutnya, reviewer akan memlih salah rekomendasi yaitu:
    • Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan 
    • Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing. 
    • Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang. 
    • Resubmit elsewhere: naskah ditolak dan disarnkan untuk diserahkan kepada jurnal lainnya. 
    • Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat. 
  4. Selanjutnya, artikel akan masuk pada tahapan Screening Plagiarism yang dilakukan oleh tim redaksi dan reviewer menggunakan Turnitin.
  5. Melalui pertimbangan atas rekomendasi reviewer, hasil pengecekan plagiarisme, Editor In Chief berhak menentukan artikel yang layak untuk dipublikasikan dalam jurnal JMMB.

Alur Proses Publikasi Jurnal di JMMB :

 

Publication Frequency

Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis ( JMMB ) terbit 2 kali dalam setahun ( Februari & Agustus )

 

Open Access Policy

JMMB : Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis adalah jurnal akses terbuka.

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke setiap artikel dan  dapat diakses secara bebas oleh publik. Artikel jurnal yang telah dipublikasikan dalam JMMB tersedia gratis di Internet publik, memungkinkan setiap pengguna untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan link lengkap artikel ini, atau menggunakannya untuk tujuan lain yang sah

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Etika Publikasi

 

Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis ( JMMB ) mengadaptasi pedoman etika publikasi yang dikeluarkan oleh  COPE ( Committee on Publication Ethics).

Pedoman ini dibuat untuk memenuhi standar etika publikasi yang berkualitas tinggi yang ditujukan bagi penerbit, editor, penulis, dan reviewer. Pada bagian ini, kami menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan reviewer. Sedangkan etika untuk Penerbit adalah  tidak berhak mengganggu keutuhan artikel publikasi dan hanya mendukung proses penerbitan tepat waktu.

 Etika Editor dan Tim Redaksi
  1. Berdasarkan laporan atas tinjauan tim redaksi, dan atau reviewer. Seorang Editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi naskah kepada penulis 
  2. Tim Redaksi harus bertanggung jawab atas setiap artikel yang telah dimuat dan di publikasi dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis
  3. Editor dapat berkomunikasi dengan tim redaksi dan atau reviewer lain dalam membuat keputusan akhir untuk menerima maupun menolak suatu artikel untuk dipublikasi
  4. Seorang editor harus mengevaluasi naskah secara objektif untuk publikasi, menilai masing-masing berdasarkan kualitasnya tanpa melihat kebangsaan, etnis, keyakinan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional penulis. Editor berhak menolak penugasannya ketika ada potensi konflik kepentingan.
  5. Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke reviewer tidak mengandung informasi penulis, begitu pula sebaliknya.
  6. Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis disertai dengan komentar dari reviewer.
  7. Seluruh Tim redaksi harus menjamin kerahasiaan naskah yang dikirimkan.

Etika Reviewer

  1. Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial, yang diputuskan melalui rapat editorial.Selain itu, reviewer juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas manuscript penelitian
  2. Setiap reviewer yang telah terpilih, dan merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah manuskrip, atau mengetahui bahwa Batasan waktu yang diberikan untuk mereview tidak mungkin dilakukan, reviewer harus memberi tahu editor dan mengundurkan diri dari proses review.
  3. Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi terhadap penulis tidak diperbolehkan. Reviewer harus mengungkapkan pandangan mereka dengan jelas yang dilengkapi dengan argumen serta data pendukung
  4. Setiap manuskrip yang diterima untuk ditinjau harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Manuscript tidak boleh diperlihatkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  5. Informasi atau issue penelitian yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak diperkenankan digunakan untuk keuntungan pribadi. 
  6. Reviewer tidak boleh mempertimbangkan suatu manuskrip atas konflik kepentingan yang dihasilkan dari persaingan, kolaboratif, atau hubungan atau koneksi lainnya dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun yang terkait dengan manuscript.
  7. Reviewer harus mengidentifikasi karya relevan yang diterbitkan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan atas pengamatan, atau argumen dalam manuscript penelitian, harus disertai dengan kutipan yang relevan. 
  8. Reviewer, berhak meminta perhatian editor atas setiap kesamaan substansial antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan.

Etika Penulis

  1. Penulis menegaskan bahwa Manuscript penelitian tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan bahwa mereka tidak mengalihkan hak apa pun atas artikel tersebut ke tempat lain.
  2. Penulis harus memastikan orisinalitas karya dan telah mengutip karya orang lain dengan benar sesuai dengan format kutipan dan daftar Pustaka sesuai dengan ketentuan teknis penulisan ( JMMB menggunakan format pengutipan APA ) 
  3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme atau melakukan plagiarisme atas manuscriptnya terdahulu
  4. Penulis tidak boleh mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Penulis juga diharapkan tidak mempublikasikan manuskrip yang berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal.
  5. Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi studi yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai rekan penulis. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai rekan penulis.
  6. Penulis harus memberikan data kepada editor ( jika diminta ) atas data dan rincian pekerjaan, jika ada kecurigaan pemalsuan data atau fabrikasi.
  7. Jika pada suatu saat, penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka kesalahan atau ketidakakuratan tersebut harus dilaporkan kepada editor.
  8. Penulis jurnal harus mengklarifikasi segala sesuatu yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian dari sponsor, dan telah menandatangani transfer kekayaan intelektual ( Hak Cipta ) dalam formulir yang telah disediakan oleh redaksi Jurnal Muhammaditah Manajemen Bisnis. 
Disclaimer :Redaksi Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan keakuratan atas semua informasi yang dimuat dalam publikasinya. Namun, Redaksi tidak membuat pernyataan atau jaminan apa pun mengenai keakuratan, kelengkapan, atau kesesuaian artikel yang disampaikan oleh penulis. Setiap pandangan yang diungkapkan dalam publikasi ini adalah pandangan penulis dan belum tentu merupakan pandangan dari redaksi Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis

 

Pedoman Review

Pedoman Reviewer

Tanggung Jawab Reviewer
  1. reviewer bertanggung jawab untuk mengkritisi dengan membaca dan mengevaluasi manuskrip sesuai bidang keilmuanya,kemudian memberikan saran yang membangun serta umpan balik yang jujur kepada penulis artikel.
  2. reviewer, mendiskusikan kekuatan dan kelemahan artikel, cara meningkatkan kekuatan dan kualitas publikasi, serta mengevaluasi relevansi dan keaslian naskah. 

Sebelum meninjau, harap memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Apakah artikel yang diminta untuk direview sesuai dengan keahlian Anda? Jika Anda menerima naskah yang mencakup topik yang tidak sesuai dengan bidang keahlian Anda, harap beri tahu editor sesegera mungkin. Harap merekomendasikan reviewer alternatif.
  2. Apakah Anda punya waktu untuk meninjau makalah ini? Proses peninjauan harus diselesaikan dalam waktu dua minggu. Jika Anda setuju dan memerlukan periode yang lebih lama, beri tahu editor sesegera mungkin, atau sarankan reviewer alternatif.
  3. Apakah ada potensi konflik kepentingan? konflik kepentingan tidak akan mendiskualifikasi Anda sebagai reviewer, ungkapkan semua konflik kepentingan kepada editor sebelum melakukan review. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang potensi konflik kepentingan, jangan ragu untuk menghubungi team redaksi.
Proses Review Artikel
  1. Setiap manuscript artikel yang masuk dalam JMMB akan ditelaah oleh tim redaksi JMMB, untuk memastikan kesesuaian fokus & ruang lingkup, format teknis selingkung artikel jurnal dan Etika Publikasi.
  2. Selanjutnya, manuscript akan di-review oleh 2 orang mitra bestari ( Reviewer ) secara Blind Review ( Tanpa memperlihatkan nama penulis & institusi kepada reviewer)
  3. Reviewer akan memberikan rekomendasi atas artikel dengan mempertimbangkan: keterbaruan topik, objektivitas, metode, dampak/ implikasi keilmuan, kesimpulan dan referensi. Selanjutnya, reviewer akan memlih salah rekomendasi yaitu:
    • Accept Submission. Menerima artikel tanpa ada revisi yang diberikan 
    • Revision Required. Memberikan revisi tanpa harus melakukan review ulang. Setelah penulis merevisi naskah langsung dilanjutkan ke proses editing. 
    • Resubmit for Review. Memberikan revisi dan setelah penulis merevisi naskah di review ulang. 
    • Resubmit elsewhere: naskah ditolak dan disarnkan untuk diserahkan kepada jurnal lainnya. 
    • Decline Submission. Menolak tulisan karena kualitas tidak memenuhi syarat. 
  4. Selanjutnya, artikel akan masuk pada tahapan Screening Plagiarism yang dilakukan oleh tim redaksi dan reviewer menggunakan Turnitin.
  5. Melalui pertimbangan atas rekomendasi reviewer, hasil pengecekan plagiarisme, Editor In Chief berhak menentukan artikel yang layak untuk dipublikasikan dalam jurnal JMMB.

ALUR PROSES REVIEWER



Powered by Puskom-UMJ