Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

KETENTUAN NASKAH PUBLIKASI

Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis ( JMMB ) menerima naskah Jurnal akademis berbasis riset maupun konseptual dalam rumpun ilmu manajemen dan bisnis. Adapun ruang lingkup kajian riset secara dapat mencakup bidang :

  • Bisnis & Ekonomi Islam
  • Manjemen Keuangan
  • Manajemen Operasional
  • Manajemen Sumber Daya Manusia
  • Manajemen Pemasaran

Ketentuan Umum :

  1. Artikel merupakan hasil karya penulis tidak dalam proses review dalam Jurnal Ilmiah lain atau belum pernah dipublikasikan,.
  2. Artikel berisikan Keterbaruan penelitian yang berasal dari sintesa teoritis dan bukan mengacu kepada publikasi Ilmiah orang lain ( Plagiarisme ).
  3. Artikel yang ditulis harus  menyertakan statement originalitas artikel yang ditandatangani oleh penulis.
  4. Data penelitian penunjang artikel yang bersifat matematis dan statistical dikirimkan terpisah dari artikel utama
  5. Artikel yang masuk dalam tahap review tidak dapat ditarik kembali oleh penulis, sampai ada katerangan selanjutnya dari pihak redaksi.

Ketentuan Tekhnis Penulisan

Petunjuk Tekhnik Penulisan

Tulisan diketik dengan mengunakan font Times New Roman (12) dengan jarak  1 ½ spasi pada kertas A4 (210 x 297 mm ), dengan batas kanan,kiri,atas dan bawah (40mm).

Sistematika Penulisan

  1. Judul, ditulis tidak lebih dari 12 kata (jika berbahasa Indonesia), dan 10 kata (jika berbahasa Inggris ), memuat unsur provokatif dan menggambarkan isi artikel. Ditulis dengan menggunakan huruf kapital .
  2. Nama Penulis ditulis lengkap tanpa gelar, institusi asal penulis dan alamat surat lengkap. Khusus penulis utama wajib menuliskan alamat email.
  3. Abstract, Ditulis menggunakan 2 bahasa ( Inggris  dan Indonesia ), yang berisikan ; masalah, tujuan, metode, temuan dan kontribusi terhadap pengembangan ilmu. Dan ditulis tidak lebih dari 200 kata.
  4. Keywords. Mencerminkan konsep penting dalam artikel, maksimum 5 kata. Diketik dengan menggunakan format Italic
  5. Pendahuluan. Berisikan permasalahan penelitian ( Urgensi Penelitian ), rumusan masalah, rencana pemecahan masalah, rangkuman teoritis, kegunaan, dan posisi penelitian dalam keilmuan
  6. Kajian Pustaka. Memaparkan teori-teori berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan masalah dan kerangka pemikiran serta model. Sumber kajian literatur minimal  40% berasal dari Jurnal Ilmiah.
  7. Objek dan Metode Penelitian ( hanya untuk penelitian berbasis riset ). 
  8. Berisikan pendekatan penelitian (kuantitatif atau kualitatif), metode, desain, operasionalisasi, tekhnik pengumpulan sample/informan, tekhnik pengumpulan data, tekhnik analisa data, dan hipotesis/proposisi ( jika ada ).
  9. Hasil dan Pembahasan
  10. Simpulan
  11. Daftar Rujukan

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka :

Acuan dari buku:

Suherman, Ade Maman.2004. Pengantar Perbandingan Sistem Hukum. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Acuan artikel dalam buku:

Leege, David C.2006.”Agama dan Politik Dalam Perspektif Teoritis”. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Acuan artikel dalam Jurnal:

Kurniasih, Dewi.2005.”Model Skala Prioritas Pembangunan Kota Bandung Berbasis Good Governance”, dalam Makara Seri Sosial Humaniora.9:2, halaman:72-83.

Acuan dari Makalah:

Hendarmin Ranadireksa. 2009.”Program Pro Publik dan Tantangan Kepemimpinan Nasional di Indonsia Pasca Reformasi. Bandung: Universitas Langlangbuana.

Acuan dari tugas akhir, laporan penelitian, skripsi, tesis dan desertasi:

Tatik Rohmawati. 2004. “Dinamika Politik Pedesaan Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Di Desa Mesin Kecamatan Warungasem Prpinsi Jawa Tengah)”, Skripsi Ilmu Pemerintahan. Bandung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Komputer Indonesia.

 

Acuan artikel dalam website:

Alwi, Habib. 2007. “Demokrasi Politik Lokal”, dalam http://www.psikdemokrasi.org/files-pdf diakses 12 September 2008.

 Lampiran

Lampiran bersifat informative dan komplementer. Lampiran/Appendices hanya digunakan jika benar-benar sangat diperlukan untuk mendukung naskah, misalnya kuesioner, kutipan undang-undng, transliterasi naskah, transkripsi rekaman yang dianalisis, peta, gambar, tabel/bagan hasil perhitungan analisis, atau rumus-rumus perhitugan. Apabila memerlukan lebih dari satu lampiran, hendaknya diberi nomor urut dengan angka Arab.

Jika penelitian merupakan hasil pemikiran,maka format pembaban no.6 (Objek dan Metode Penelitian ) dan hasil penelitian dapat diabaikan.

Pedoman Teknis Penulisan.

Penulisan Table

Diletakkan segera setelah penunjukannya di naskah. Kerangka table menggunakan garis tebal 1 pt. Apabila tabel memiliki lajur yang cukup banyak, dapat menggunakan format satu kolom pada setengah atau satu halaman penuh. Jika judul pada setiap lajur tabel cukup panjang dan rumit maka lajur diberi nomor dan keterangannya diberikan di bagian bawah tabel. (langsung dibawah tulisan ).

Penulisan Kutipan

Dalam naskah menggunakan system kutipan langsung. Kutipan yang tidak lebih dari 4 (empat) baris di integrasikan dalam teks, diapit dengan tanda kutip, sedangkan kutipan yang lebih dari 4 (empat) baris diletakkan terpisah dari teks dengan jarak 1 spasi tunggal berukuran 10 pt serta diapit oleh tanda kutip. Nama keluarga pengarang ditulis sebelum atau setelah kutipan sebagai berikut (Grimes, 2001:157). Nama keluarga pengarang ditulis dalam tanda kurung diikuti dengan tanda dua/colon, kemudian langsung dituliskan nomor halaman yang diacu. Apabila pengarang lebih dari satu orang, maka yang dicantumkan hanya nama keluarga pengarang pertama diikuti dengan  et.Al. atau dkk. Jika yang diacu adalah pokok pikiran dari  beberapa halaman, maka cara penulisannya aalah sebagai berikut (Grimes, 2001:98-157), atau jika yang diacu  adalah pokok pikiran dari keseluruhan naskah, maka cara penulisannya sebagai berikut (Grimes, 2001).

TEMPLATE PENULISAN JURNAL

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah Jurnal belum pernah, atau sedang dalam proses publikasi oleh penerbit jurnal lain.
  2. Format Naskah jurnal telah diketik sesuai dengan panduan teknis penulisan Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
  3. Penulisan Daftar Pustaka Telah mengikuti ketentuan : APA American Psychological Association ).

     

  4. Penulis telah membaca, memahami, mematuhi dan menyetujui segala kebijakan etika publikasi yang diterapkan oleh redaksi JMMB.
  5. Penulis telah membaca, memahami, mematuhi dan menyetujui segala kebijakan atas hak cipta artikel yang diterapkan oleh redaksi JMMB.
  6. Artikel yang dikirmkan telah dipastikan oleh penulis, terbebas dari unsur Plagiarisme maupun Self plagiarisme.
 

Copyright Notice

Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :

1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.

2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.

3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.

4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).

Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Privacy Statement

Nama, alamat email, nama isntitusi maupun data pribadi yang diterima oleh redaksi Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis ( JMMB ) hanya diperuntukkan untuk keperluan publikasi jurnal dan tidak akan disebarluaskan kepada pihak lain di luar kepentingan publikasi jurnal.

 


Powered by Puskom-UMJ