DESAIN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA TRANSPORTASI OJEK ONLINE PT GOJEK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.4.1.27-32Abstract
Pemanfaatan iptek di segala bidang dalam kehidupan manusia telah menunjukkan kekuatan iptek dalam mempengaruhi pikiran dan perbuatan manusia. Salah satunya adalah pada bidang transportasi dan komunikasi. Sistem yang terintegrasi antara transportasi dan komunikasi telah menjawab kebutuhan konsumen yaitu transportasi yang cepat, aman, fleksibel, dan mudah dijangkau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjabarkan model-model desain komunikasi yang diterapkan oleh PT Gojek Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa strategi desain komunikasi yang digunakan oleh PT Gojek Indonesia terbukti efektif dalam meningkatkan loyalitas pelanggan mereka. Adanya kemudahan akses, variasi, dan fleksibilitas menjadi kunci utama dari desain komunikasi yang diterapkan oleh PT Gojek Indonesia. Desain komunikasi yang diterapkan yaitu penetapan harga yang mempengaruhi psikologis konsumen, desain warna yang digunakan, serta iklan yang dikomunikasikan. Kesimpulannya adalah Cara-cara tersebut terbukti berpengaruh bagi perkembangan perusahaan dan peningkatan loyalitas konsumen.Kata Kunci: Efektivitas, Desain Komunikasi, dan TransportasiReferences
Bayuliana, E. (2018). Analisis Efektivitas Iklan Online Gojek dalam Upaya Peningkatan Pengguna Jasa Gojek di Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Retrieved Maret 2021
Kristo, F. Y. (2017). Awal Mula Transportasi Online Menjamur di Indonesia. Jakarta: detikInet. Retrieved Maret 2022, from https://inet.detik.com/cyberlife/d-3609781/awal-mula-transportasi-online-menjamur-di-indonesia
Kurnianti, A. (2017, Oktober). Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 1, 69-84.
Legasari, V., & dkk. (2013, September). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Sikap Konsumen pada Sabun Pemutih Wajah Merk Oil of Olay di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21, 3.
Ningsih, A. (2013, Oktober). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13, 120.
Nurhasanah. (2016). Analisis Efektivitas Iklan Online Gojek di Kalangan Pengguna Media Sosial di Kota Makassar. Mkassar: Skripsi Universitas Negeri Makassar.
Utami, A., Zahrudin, & Ramadhanti, S. (2019, Desember). Analisis Strategi Penetapan Harga terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Ojek Online pada PT Gojek Indonesia. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 6, 137-156.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.