OPTIMALISASI PHYSICAL EVIDENCE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DESA WISATA TANJUNGJAYA

Authors

  • Anang Martoyo Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia
  • Sudianto Sudianto Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia
  • Roby Ahada Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia
  • Annisa Fitri Anggraeni Universitas Winaya Mukti
  • Sutopo Sutopo Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.24853/jmmb.3.2.55-60

Keywords:

Optimalisasi, Physical Evidence, Desa Wisata Tanjungjaya

Abstract

Desa Tanjungjaya merupakan salah satu Desa Wisata di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Tanjung Lesung. Kondisi pandemi covid-19 menyebabkan jumlah pengunjung mengalami penurunan drastis dan keberadaan sarana prasarana kurang terawat. Kebijakan pemerintah dengan mengijinkan dibukanya kembali obyek-obyek wisata, perlu diimbangi dengan pengelolaan & optimalisasi sarana prasarananya (physical evidence). Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari hasil observasi, survey, wawancara mendalam, dan informasi dari pejabat pengambil keputusan serta kajian literatur. Berdasarkan analisis situasi pemasaran obyek penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa optimalisasi sarana prasarana yang dapat dilakukan oleh pengelola Desa Wisata Tanjungjaya adalah sebagai berikut: 1) mempermudah akses menuju lokasi wisata, 2) menjaga kebersihan & keamanan serta kelengkapan fasilitas pendukung berupa gedung, 3) Pengelolaan sarana prasarana Objek wisata pulau Liwungan, 4) Penyediaan ruang display & menambah outlet batik cikadu, 5) melengkapi & menambah fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Author Biographies

Anang Martoyo, Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia

Department of Entrepreneurship

Sudianto Sudianto, Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia

Department of Information Technology

Roby Ahada, Institut Teknologi dan Bisnis Bank Rakyat Indonesia

Department of Entrepreneurship

Annisa Fitri Anggraeni, Universitas Winaya Mukti

Department of Accounting

Sutopo Sutopo, Universitas Sebelas April

Department of Management

References

Buditiawan, K. (2021). Strategi Pemasaran Pariwisata Pantai Plengkung Kabupaten Banyuwangi Menggunakan 3P+4A (Price, Place, Promotion, Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary). Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2), 207–220. https://doi.org/10.47441/jkp.v16i2.201

Kemenparekraf. (2022). Desa Wisata Tanjungjaya. Jadesta.Kemenkraf.Go.Id. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/tanjungjaya

Qolbi, F., & Koswara, A. Y. (2018). Arahan Pengembangan Pariwisata di Kawasan Tanjung Lesung Berdasarkan Partisipasi Masyarakat. Jurnal Teknik ITS, 7(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28922

Rahmat, Y. (2021, April 28). KEK Tanjung Lesung Harus Didukung Kesiapan Infrastruktur. Infopublik.Id. https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/529795/kek-tanjung-lesung-harus-didukung-kesiapan-infrastruktur

Sabon, V. L., Perdana, M. T. P., Koropit, P. C. S., & Pierre, W. C. D. (2018). Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Pariwisata Indonesia Pada ASEAN Economic Community. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(2), 163–176. https://doi.org/10.15408/ess.v8i2.5928

Samosir, L. T., & Mahagangga, I. G. A. O. (2020). Strategi Pemasaran Pantai Dream Island Di Mertasari Desa Intaran Sanur Kauh Kota Denpasar. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 189. https://doi.org/10.24843/jdepar.2020.v08.i02.p04

Wikipedia.org. (2022). Tanjungjaya, Panimbang, Pandeglang. Wikipedia.Org. https://id.wikipedia.org/wiki/Tanjungjaya,_Panimbang,_Pandeglang

Downloads

Published

2022-08-26