ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA UMKM DI TANGERANG SELATAN

Diana Diana, Luqman Hakim, Muhammad Fahmi

Abstract


Penelitian ini menganalisis faktor-faktor penentu  kinerja UMKM di Wilayah tangerang Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sejauh mana masalah utama dan kendala yang dihadapi oleh pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Tangerang Selatan. Tantangan terberat para pelaku UMKM saat ini adalah kemampuan dalam pengelolaan usahanya terutama di Pasca Pandemi Covid-19 saat ini. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, yang dikembangkan dengan Google Form, dan disebarkan melalui media sosial online. Teknik purposive dilakukan terhadap komunitas UMKM di Tangerang Selatan, dengan menyebarkan kuesioner kepada para pelaku dan komunitas UMKM  sebanyak 392 responden mengirimkan dan memenuhi syarat kriteria responden.  Kemudian data tersebut diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Amos 25.0. yang menghasilkan Kompetensi Pelaku Usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreatifitas Strategi Pemasaran, Akses Permodalan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kreatifitas Strategi Pemasaran, Kreatifitas Strategi Pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja UMKM, namun Akses Permodalan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja UMKM, dan Kompetensi Pelaku Usaha memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Kinerja UKM. Hasil ini agar dapat  sebagai rujukan pihak pemerintah dalam  mendukung peningkatan  kinerja para pelaku UMKM dengan memperhatikan  faktor Kompetensi, Kreatifitas Pemasaran namun tidak mengabaikan faktor akses permodalan sehingga dapat turut meningkatkan pendapatan daerah.


Keywords


UMKM, Kompetensi, Akses Permodalan, Kreativitas Strategi Pemasaran, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Arumsari, D. T. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kompetensi Sdm Terhadap Kinerja Ukm Di Jawa Timur. STIE Perbanas Surabaya.

Aningtyaz, N., Harniati, H., & Kusnadi, D. (2020). Minat Kelompok Wanita Tani (Kwt) pada Pertanian Perkotaan melalui Budidaya Sayuran secara Vertikultur di Kecamatan Serpong Kota Tangerang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 579–588.

Budiarto, R., Putero, S. H., Suyatna, H., Astuti, P., Saptoadi, H., Ridwan, M. M., & Susilo, B. (2018). Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. UGM PRESS.

Desmaryani, S. (2018). Wirausaha dan Daya Saing. Deepublish.

Eddy, Y. (2016). MANAJEMEN STARATEGI. PENERBIT ANDI.

Hanggraeni, D. (2021). Strategi Bisnis dan Manajemen Risiko dalam Pengembangan UMKM di Indonesia (Vol. 1). PT Penerbit IPB Press.

Husnan, S., & Pudjiastuti, E. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn.

Isnurani, I., & Arofah, I. (2020). Pemodelan Pertumbuhan Ekonomi ditinjau dari Investasi, Tenaga Kerja dan Pertambahan Penduduk di Kota Tangerang Selatan. Proceedings Universitas Pamulang,1 (1)

Gonçalves, J. M., Ferreira, F. A. F., Ferreira, J. J. M., & Farinha, L. M. C. (2019). A multiple criteria group decision-making approach for the assessment of small and medium-sized enterprise competitiveness. Management Decision.

Julita, J., & Tanjung, H. (2017). Application of Generic Porter Strategy for UMKM in Facing MEA. Proceedings of AICS-Social Sciences, 7, 140.

Kristanto, S. B., Kurniawati, H., & Rimawati, Y. (2019). The Obstacles and Potential Solutions for MSME Enterpreneurs in Indonesia. Simposium Nasional Perpajakan, 7.

Kurniawan, B., & Setiawan, A. (2018). Sistem Informasi Akuntansi, Literasi Keuangan dan Kinerja Usaha UMKM Distro : Studi di Distro Yogyakarta dan Solo, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Oktavianti,V.(2017). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persyaratan Kredit Terhadap Akses Kredit Formal Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Purwidianti, W., & Rahayu, T. S. M. (2015). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja usaha industri kecil dan menengah di Purwokerto Utara.

Raharjo, T. W. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. Jakad Media Publishing.

Ramadhan, R. A. (2020). ANALISIS KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA DENGAN SWOT PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI KOTA TANGERANG SELATAN. Institut Teknologi Indonesia.

Sidharta, I., & Lusyana, D. (2014). Analisis faktor penentu kompetensi berdasarkan konsep knowledge, skill, dan ability (KSA) Di Sentra Kaos Suci Bandung. Jurnal Computech & Bisnis, 8(1), 49–60.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2).

Zulkarnaen, H. O., & Sutopo, S. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo). Fakultas Ekonomika dan Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.3.2.67-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ