PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN

Moh. Zadul Washil, Mochammad Farid Afandi, Sumani Sumani

Abstract


Mixue merupakan salah satu brand dari sekian banyak industri Food and Beverage (F&B) yang berkembang pesat di Indonesia. Keberhasilan suatu bisnis atau usaha berkaitan erat dengan kemampuan manajemen pemasaran yang baik. Salah satu strategi dalam manajemen pemasaran adalah dengan mempelajari perilaku konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang berkaitan dengan perilaku konsumen dimana tidak sedikit konsumen yang melakukan pembelian produk Mixue dengan kurang memperhatikan adanya Label Halal pada kemasan. Tidak hanya itu, pengalaman yang dirasakan konsumen juga menjadi faktor yang menentukan dalam pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang. Maka dari itu, hal yang dikaji dalam penelitian ini mengenai pengaruh Pengalaman Konsumen dan Label Halal terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember.Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan membahas apakah Pengalaman Konsumen dan Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang melalui Kepuasan Konsumen Mixue di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif atau data kualitatif yang dikuantitatifkan. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Likert.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Label Halal berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, Pengalaman Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, Label Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang, dan terakhir Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ulang.

Keywords


Minat Beli Ulang, Label Halal, Pengalaman Konsumen, Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Alfian, A. 2017. Analisis Pengaruh Label Halal, Brand dan Harga terhadap Keputusan Pembelian di Kota Medan. At-Tawassuth, 2(1), 122-145.

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. 2023. Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin dan Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur (Jiwa) tahun 2021-2023. Diakses pada 1 Februari 2023 dari https://jatim.bps.go.id/indicator/12/375/1/jumlah-penduduk-provinsi-jawa-timur.html

Cronin, J., Joseph, Jr., Steven A., & Taylor. 1992. Measuring service quality : A reexamination and extention. Journal of Marketing, 56(3), 55-68.

Duryadi. 2021. Metode Penelitian Ilmiah (Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS). Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

James F. Engel, Roger D. Blackwell & Paul W. Miniard .1992. Perilaku Konsumen Jilid 1. Diterjemahkan oleh F.X. Budiyanto. (1994). Jakarta: Binarupa Aksara.

Kartajaya, H. 2006. Hermawan Kartajaya on Marketing. Bandung: Gramedia.

Kemendagri. 2022. Peta persebaran agama 2022. Diakses pada 12 Desember 2022 dari https://gis.dukcapil.kemendagri.go.id/arcgis/apps/MapSeries/index.html?appid=0510ddf68e094d56a07a7bf9f5330dfe.

Kotler, Philip & Keller, K., L. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Schmitt, Bernd, H. 1999. Experiential Marketing: How to Get Customers to Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Your Company and Brands. New York: Free Press.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.4.2.83-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ