PENGARUH KUALITAS FILM, DAYA TARIK, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENONTON DI BIOSKOP YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.5.2.120-133Abstract
Keywords:Film Quality, Appeal, Celebrity Endorsement, Location, Viewing Decision Kata Kunci:Kualitas Film, Daya Tarik, Celebirty Endorsement, Lokasi, Keputusan Menonton ABSTRACTThis study aims to analyze the influence of Film Quality, Attraction, Celebrity Endorsement, and Location on the Decision to Watch in Yogyakarta Cinemas. The research method used in this study is a quantitative method. The population in this study were students who had watched films in Yogyakarta cinemas. The data collection method in this study used an online questionnaire. The sampling method used was purposive sampling. The number of samples taken in this study was 110 respondents. The analysis tool used was a descriptive and quantitative method using multiple linear regression analysis with the help of the SPSS program. The results of this study indicate that: 1) Film Quality, Attraction, Celebrity Endorsement, and Location simultaneously influence the Decision to Watch in Yogyakarta Cinemas 2) Film Quality has a positive and insignificant effect on the Decision to Watch, 3) Attraction has a positive and significant effect on the Decision to Watch 4) Celebrity Endorsement has a positive and significant effect on the Decision to Watch, 5) Location has a positive and significant effect on the Decision to Watch in Cinemas, Theoretically, the contribution supports the previous research model. The practical contribution is location ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Film, Daya Tarik, Celebrity Endorsement, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menonton Di Bioskop Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah menonton film di bioskop Yogyakarta. Metode pengumpulan data di dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 110 responden. Alat analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kualitas Film, Daya Tarik, Celebrity Endorsement, Dan Lokasi secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Menonton di Bioskop Yogyakarta 2) Kualitas Film berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Menonton, 3) Daya Tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton 4) Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton, 5) Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menonton di Bioskop, Kontibusi teoritis mendukung model penelitian sebelumnya. Kontribusi praktis yaitu lokasi.Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.