CELEBRITY ENDORSMENT, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ERIGO STORE
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.5.2.134-147Kata Kunci:
Celebrity Endorsement, Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Keputusan Pembelian.Abstrak
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh Celebrity Endorsement, Electronic Word of Mouth, dan Brand Image terhadap keputusan pembelian Erigo Store. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini konsumen membeli produk Erigo. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simpel random sampling yaitu menyebarkan link kuesioner dari google form kepada konsumen yang follow instagram akun @erigostore . Data diuji dengan menggunakan aplikasi SPSS ver. 23. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Electronic Word of Mouth dapat berpengaruh positif dan sinifikan terhadap keputusan pembelian. Brand Image Berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Implikasi teori – penelitian ini memberikan kontribusi teoritis faktor-faktor keputusan konsumen dan implikasinya serta menawarakan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya, Implikasi praktis temuan ini adalah pentinnya perusahaan untuk fokus pada membangun review konsumen dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen.Referensi
Aeni, N. Ekhsan, M. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Brand Trust. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah. Vol 4(1). Hal 377-386.
Azizah, Y, J. Fikriyah, K. (2023) Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Scarlett Whitening di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol 4(1). Hal 37-47.
Bulan, S. I. S. & Sudrajat, R. H., 2019. Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Arief Muhammad di Instagram Terhadap Brand Image Erigo Store. Jurnal Sosial Politik.Vol 5(2). Hal 322-332.
Cahyono, F.D., Kusumawati, A. dan Kumadji, S., (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli dan Dampaknya terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 37(1), Agustus, hal. 148-157.
Dhaefina, Z. AR, M,N. Pirmansyah, Sanjaya, V, F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen. Vol 7(1). Hal 43-48.
Fadhilah. Saputra, G, G. (2021). Pengaruh Content Marketing dan E-WOM pada Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. INOVASI ; Jurnal Ekonomi, Keuanangan, dan Manajemen. Vol 17(3). Hal 505-512.
Fildzah, N. A. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop Alco di Media Sosial Instagram. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Enttrepreneurship. Vol. 11(2). Hal 99-112.
Finanda, I, R. & Wiwaha, A., 2017. Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan pada Konsumen Miloff Beauty Bar. Jurnal Ilmiah Widya Ekonomika. Vol. 1, No. 2. Hal 134-140.
Firmansyah, D. Haryani. Safrina, E. Diah, M. (2023). Analisis Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Shopee dengan Minat Beli sebagai variabel Intervening. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis. Vol 5(3). Hal 885-889.
Ghadani, A., Muhar, A. M., Sari, A, I. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Shopee dengan Mediasi Brand Awaereness. Insight Management Journal. Vol 2 (3). Hal 110-118.
Harjadi, D. Fitriani, L, K. (2024). Marketing (Teori dan Konsep). Jawa Barat : PT. Ar Rad Pratama. ISSBN 978-623-8519-54-5
Hasugian, J. T. M., (2015). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyality Telkomsel. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol 3(4). Hal 923-937.
Inayati, T. Efendi, M, J. Dewi, A, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan. Vol 1(3). Hal 202-209.
Irmayanti, S. Annisa, I,T. (2023). Peran Mediasi Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 4(1). Hal 106-116.
Kerin, S, M. Musadad, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo di Kota Cirebon. Jurnal ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 8 (17). Hal 498-510.
Kodrat, D,S. (2020). Strategi Bisnis dan Manajemen Pendekatan Empiris. Sidoarjo : Zifatama Jawara. ISBN 978-623-8623-70-9.
lhamah. Pudyaningsih, R. Akramiah, N. (2023). Promosi Penjualan dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi. Vol 8(1). Hal. 95-104.
Mukarromah, U. Sasmita, M. Rosmiati, L. (2022). Pengaruh Konten Marketing dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Mediasi Minat Beli pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan. Vol 2(1). Hal 73-84.
Nurjannah, A. Kumalasari, F. Ismanto. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Social Media Tiktok Shop. Journal of Economics and Business Management. Vol 2 (4). Hal 79-95.
Permataputri, Y, W. Niati, A. Suryawardana, E. (2024). Pengaruh Promosi Online, Celebrity Endorsement, Kualitas Produk dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toner Somethinc. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian. Hal 794-802.
Puspita, Y,D. Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap KeputusanPembelian Produk Garnier. Jurnal Sinar Manajemen. Vol 8(2). Hal 98-104.
Putri, M, A. Ahmadi, M, A. (2025). Pengaruh Brand Ambassador dan Celebrity Endorsement di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skintific. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Digital. Vol 3(1). Hal 1-9.
Rahmadani, D. Febriansah, R, E. Yulianto, M, R. Pebrianggara, A. (2024). Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorsement, dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Shopee (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Jurnal Darma Agung. Vol 32 (3). PP 77-91.
Restanti, F. A., 2019. Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 68(1). Hal 28-37.
Rohman, M. Pramesti, D, A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda di Magelang Selama Pademi Covid 19. Borobudur Managenet Review. Vol 2(2). Hal 190-205.
Rozijiqin, M, F. Ridlwan, A, A. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. Journal of Economics and Business Aseanomics. Vol 7(1). Hal 60-77.
Samuel, H. & Lianto, A. S. (2014). Analisis E-WOM, Brand Image, Brand Trust, dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 8(2). Hal 7-54.
Sindunata, I. & Wahyudi, B. A., (2018). Pengaruh e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Jurnal Manajemen Jasa. Vol 6(1). Hal 128-138.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung; Alfabeta. ISBN 978-602-289-373-8.
Widyanto, I. Albetris. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah PT Paragon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian). Jurnal Manajemen dan Sains.Vol 6(1). Hal 138-145.
Wijaya, F. A., 2015. Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 9 (1). Hal 16-22.
Wiska, M. Resty, F. Fitriani, H. (2022). Analisis Content Marketing dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Media Sosial Tiktok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Jurnal Manajemen Dewantara. Vol 6(2). Hal 153-162.
Yulindasari, E, R. Fikriyah, K. (2022). Pengaruh E-WoM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies. Vol 3(1). Hal 55-69.