PENGARUH INTENSITAS IKLAN DAN HARGA TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA E – COMMERCE SHOPEE MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Authors

  • Fathiyya Annisa Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Iwan Tanjung Sutarna
  • Nurul Hidayati Indra Ningsih

DOI:

https://doi.org/10.24853/jmmb.6.1.50-63

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara parsial dan simultan intensitas iklan dan harga terhadap impulsive buying pada pengguna e – commerce Shopee mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan 99 sampel, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Intensitas iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying pada pengguna e – commerce Shopee mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Nilai uji t menunjukkan bahwa thitung 2.770 > ttabel 1.984. 2) Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying pada pengguna e – commerce Shopee mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Nilai t menunjukkan bahwa thitung 4.980 > ttabel 1.984. 3) Intensitas iklan dan harga memiliki pengaruh terhadap impulsive buying pada pengguna e – commerce Shopee mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Nilai uji F menunjukkan bahwa Fhitung 26.802 > Ftabel 3.090. Selain itu nilai dari R Square sebesar 35.8% menunjukkan bahwa variabel intensitas iklan dan harga dapat menjelaskan 35.8%, sehingga 64.2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti faktor layout website, hot list product dan fasilitas cicilan pembayaran.   KATA KUNCI: E- Commerce,Harga, Implusive Buying,dan  Intensitas Iklan

Downloads

Published

2025-03-16