PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DINAS SOSIAL KABUPATEN DELI SERDANG

Evinda Deviana, Suhaila Husna Samosir

Abstract


Penelitian ini berjudul “ Pengaruh disiplin kerja dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang”. Tjuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan profesionalisme terhadap kulitas pelyanan pada Kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel 78 orang yang membuat kartu KIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah dengan menyebarkan angket/keusioner kepada seluruh sampel yaitu masyarakat yang membuat kartu KIS. Data diproses menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan rumus Y= a + b1X1 + b2X2 + e, dan utnuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan uji t atau uji parsial. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 7,962 + 0,109(X1) + 0,670(X2) + e, dimana Pengaruh Disiplin Kerja dan Profesionalisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kualitas Pelayanan Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,571 atau 57,1% yang berrarti bahwa varioabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y pada Kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang. Dengan hasil uji t atau parsial diperoleh dari variabel X1 dengan thitung 9,805 > ttabel (1,992) denagn tingkat signifikasnsi 0,000 < 0,05 berpengaruh positif terhadap variabl Y sedangkan Variabel X2 diperoleh thitung (4,711) > ttabel (1,992)  dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 berpengaruh positif terhadap variabel Y. Sehingga dengan demikian, Ha diterima karena thitung  > ttabel. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Disiplin Kerja dan Profesionalisme atau variabel bebas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik atau variabel terikat pada kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang.


Keywords


Disiplin Kerja, Profesionalisme, dan Kualitas Pelayanan

References


Ambaraita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Cetakan Ke Pertama Graha Ilmu

Arikunto, 2018. Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta: Rineka Cipta.

Arista, Jerri, 2016. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Inspektorat Kabupaten Kutai Barat)

Arsana, I Putu Jati. 2016. Etika Profesi Insinyur. Yogyakarta: CV Budi Utama

Bahri, Saiful.2018. Motodologi Penelitian Bisnis .Yogyakarta. Andi Anggota IKAPI

Erlika Yesi , 2018. Pengaruh Profesionalisme Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Kerja (Studi kasus Pada PT. Mantaf Sukses Cemerlang Medan)

Hamali,Y,A. 2018. Pemehaman Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: PT Buku Seru

Kasmir. 2017. Costuner Service Exllent. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Krniawan, Agung. 2015. Transformasio Pelayana Publik Yogyakarta: Pembaruan

Malayu S.P Hasibuan . 2019. Manajemen sumber Daya Manusia . Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Nursalim, Mochammad. 2015. Pengembangan Profesi dan Bimbingan koseling . Penerbit Erlangga

Priansa, Juni Donni. 2015. Kinerja dan Profesionalisme guru Bandung: CV. Alfabeta.

Sudaryono . 2017. Metode penelitian pendidikan . Jakarta: Prenada Media

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sitrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tjiptono. Fandi 2015. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset

Wahyuni, Catur Hana, Sulistiyowati dan K. Muhammad. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Cetakan Pertama Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.67-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ