PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DINAS SOSIAL KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Penelitian ini berjudul “ Pengaruh disiplin kerja dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan pada kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang”. Tjuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan profesionalisme terhadap kulitas pelyanan pada Kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel 78 orang yang membuat kartu KIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah dengan menyebarkan angket/keusioner kepada seluruh sampel yaitu masyarakat yang membuat kartu KIS. Data diproses menggunakan SPSS versi 23.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan rumus Y= a + b1X1 + b2X2 + e, dan utnuk mengetahui pengaruh antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y menggunakan uji t atau uji parsial. Hasil uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= 7,962 + 0,109(X1) + 0,670(X2) + e, dimana Pengaruh Disiplin Kerja dan Profesionalisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kualitas Pelayanan Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,571 atau 57,1% yang berrarti bahwa varioabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y pada Kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang. Dengan hasil uji t atau parsial diperoleh dari variabel X1 dengan thitung 9,805 > ttabel (1,992) denagn tingkat signifikasnsi 0,000 < 0,05 berpengaruh positif terhadap variabl Y sedangkan Variabel X2 diperoleh thitung (4,711) > ttabel (1,992) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 berpengaruh positif terhadap variabel Y. Sehingga dengan demikian, Ha diterima karena thitung > ttabel. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Disiplin Kerja dan Profesionalisme atau variabel bebas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan Publik atau variabel terikat pada kantor Dinas Sosial Kabupaten Deli Serdang.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ambaraita, Alben. 2015. Kepemimpinan Kepala Sekolah Cetakan Ke Pertama Graha Ilmu
Arikunto, 2018. Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta: Rineka Cipta.
Arista, Jerri, 2016. Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Inspektorat Kabupaten Kutai Barat)
Arsana, I Putu Jati. 2016. Etika Profesi Insinyur. Yogyakarta: CV Budi Utama
Bahri, Saiful.2018. Motodologi Penelitian Bisnis .Yogyakarta. Andi Anggota IKAPI
Erlika Yesi , 2018. Pengaruh Profesionalisme Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan Kerja (Studi kasus Pada PT. Mantaf Sukses Cemerlang Medan)
Hamali,Y,A. 2018. Pemehaman Manajemen Sumber Daya Manusia . Yogyakarta: PT Buku Seru
Kasmir. 2017. Costuner Service Exllent. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Krniawan, Agung. 2015. Transformasio Pelayana Publik Yogyakarta: Pembaruan
Malayu S.P Hasibuan . 2019. Manajemen sumber Daya Manusia . Jakarta: Bumi Aksara
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Nursalim, Mochammad. 2015. Pengembangan Profesi dan Bimbingan koseling . Penerbit Erlangga
Priansa, Juni Donni. 2015. Kinerja dan Profesionalisme guru Bandung: CV. Alfabeta.
Sudaryono . 2017. Metode penelitian pendidikan . Jakarta: Prenada Media
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sitrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tjiptono. Fandi 2015. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi Offset
Wahyuni, Catur Hana, Sulistiyowati dan K. Muhammad. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Cetakan Pertama Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.67-76
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:
Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License