PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. TUNAS PERKASA TEKINDO

Diana Diana, Yayan Anggreani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Penelitian ini diadakan di PT. Tunas Perkasa Tekindo yang beralamat di Jl. Radio Dalam. Data yang diperoleh dari Karyawan PT.Tunas Perkasa Tekindo adalah data primer dan data sekunder  yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner dengan metode sampling jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji heteroskedastisitas, uji asumsi klasik, uji linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan SPSS.V.25.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan berdasarkan dari hasil pengujian statistik uji t menunjukan bahwa hasil antara thitung > ttabel ( 4,597 > 2,01174) dengan nilai signifikan dari Kepuasan Kerja (X1) sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan memiliki arah koefisien positif. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dan persepsi Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Karyawan dengan hasil uji t thitung  > ttabel (1,726 > 2,01174) dengan nilai signifikan dari Komitmen Organisasi (X2) sebesar 0,091 lebih besar dari 0,05 dan memiliki arah koefisuen positif maka dapat disimpulkan Ho diterima dan Ha ditolak. Serta hasil daru uji f Kepuasan Kerja dan presepsi Komitmen Organisasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan antara thiting > ttabel yaitu (38,334 > 3,20) nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima


Keywords


Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

References


Prof. Dr. Wibowo, S.E., M.Phil., Manajemen

Kinerja, Jakarta : Rajawali Pers,2016, Edisi kelima, Cetakan ke-12 Oktober 2016

A Amir, Syafar, dan Kaseng. 2016.

Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Dan Beban kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Rumah Sakit Daerah Madani Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis. Volume 4 No. 7 Juli 2016.

Kreitner, Robert san Angelo Kinicki. 2015. Organizational behavioral-Ed. 5. Boston: McGraw-Hill

Mathis & Jackson, RI. 2017, manajemen sumber daya manusia, penterjemah Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira Hie, Jakarta : Penerbit PT. Salemba Empat.

Moeheriono. (2015) Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi Edisi Revisi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moh. Pabundu Tika. 2017. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Robbins, S.P Dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi,Edisi 16. Salemba Empat, Jakarta

Raymond Andrew Noe, John R. Hollenbeck, Barry Gerhart, Patrick M. Wright, Linda Eligh,2016

Strategic Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage.

Prof. Dr. Sugiono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DanKombinasi (Mixed Methods)”. Bandung: ALFABETA.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2015 ( alih Bahasa Ratna Saraswati). Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta

Robbins, Stephen. 2015. Organizational Behavior. 9th Edition. New Jersey: Precentice Hall International Inc.

Robbins, S.P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi, Edisi 16, Salemba Empat, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2018. Mahir Statistik Muti Variat dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.1.2.93%20-%20102.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Powered by Puskom-UMJ