KREATIVITAS BERWIRAUSAHA DAN DAMPAKNYA PADA MOTIVASI PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA

Fatkhurahman Fatkhurahman, Hadiyati Hadiyati

Abstract


Praktek kewirausahaan merupakan langkah awal bagi mahasiswa dalam mengenal dan memahami kondisi nyata dunia bisnis, persoalan mengenai praktek mahasiswa sebagian masih belum optimal seperti dalam memahami produk dan memahami pelanggan. Namun perlu upaya membangun kreativitas agar mahasiswa memiliki motivasi dalam melaksanakan praktek kewirausahaan tersebut. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel mahasiswa yang mengambil mata kuliah kewirausahaan lanjutan pada program studi manajemen Universitas Lancang Kuning dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan alat analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti kreativitas mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa dalam melaksanakan praktek kewirausahaan. Hal ini dikarenakan bagi mahasiswa yang memiliki ide atau gagasan baru dalam menghasilkan produk maka mereka akan bersemangat dalam membuktikan apakah produk tersebut direspon pasar atau tidak.


Keywords


Kreativitas Berwirausaha, Motivasi praktek kewirausahaan

References


Adirestuty, F. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 54-67.

Agustini, Ferina. 2007. “Peningkatan Motivasi, Hasil Belajar Dan Minat Berwirausaha Siswa Melalui Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship (Cep)”. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Andiyanto, F., Miyasto, M., & Sufian, S. (2017). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar Dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Dedi Supriadi, (1994), Kreativitas, Kebudayaan & Perkembangan Iptek, Alfabeta, Bandung.

Fatmawati, I. (2014). Pengaruh Kreativitas Berwirausaha dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Harianti, A., & Margaretha, Y. (2014). Pengembangan Kreativitas Mahasiswa dengan Menggunakan Metode Brainstorming dalam Mata Kuliah Kewirausahaan. Jurnal Manajemen Maranatha, 13(2).

Isnawati, N., & Samian, S. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Jailani, M., Rusdarti, R., & Sudarma, K. (2017). Pengaruh kewirausahaan, motivasi belajar, sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52-59.

Lestari, B. (2006). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan kreativitas Anak. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 3(1).

Manurung, H. (2013). Peluang Kewirausahaan Sekolah Melalui Kreativitas dan Inovasi. Journal of Business and Entrepreneurship, 1(1), 1-28.

Prakoso, B. (2005). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris Pada Industri Manufaktur Di Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2(Nomor 1), 35-57.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada

Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.1-8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Powered by Puskom-UMJ