PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY MAHASISWI STIE BINA KARYA

Suci Etri Jayanti, Rumiris Siahaan

Abstract


Pemakaian lipstik khususnya dikalangan mahasiswi sudah menjadi salah satu trend untuk mempercantik diri dan sebagai penunjang penampilan. Lipstik yang banyak di gandrungi salah satunya yang sedang booming adalah Pixy. Dengan adanya Celebrity Endorser dan Brand Image dari suatu produk dapat menjadi tolak ukur keputusan konsumen untuk membeli.  Celebrity Endorser dapat meningkatkan keyakinan konsumen serta dapat mendukung citra dari suatu produk yang dipromosikan sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Opini mahasiswi STIE Bina Karya, meskipun Pixy dalam iklan nya menggandeng Celebrity Endorser yang cantik dan masih muda itu saja tidak cukup karena harus memenuhi kriteria sesuai dengan produk, daya tarik, kredibilitas yang tinggi, serta mampu menginspirasi wanita secara luas dan saat ini umat Muslim menghendaki agar produk yang digunakannya telah dijamin kehalalannya atau sesuai dengan syariah Islam. Brand Image halal Lipstik Pixy seolah dibelunggu oleh berbagai opini dan persepsi mahasiswi Bina Karya yang memposisikan sebagai kosmetik untuk wanita muslim, apalagi lipstik Pixy diproduksi oleh perusahaan asing, seperti Jepang yang mayoritas non muslim sehingga kepercayaan mahasiswi STIE Bina Karya terhadap lipstik Pixy berlabel halal masih dipertanyakan  sehingga tingkat keputusan pembelian terhadap lipstik Pixy dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brang Image terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan uji simultan diperoleh bahwa hipotesis Variabel Celebrity Endorser  dan Variabel Brand Image berpengaruh terhadap Variabel Keputusan pembelian.

Keywords


Celebrity Endorser, Brand Image dan Keputusan Pembelian

References


- Afrini, Ayu. 2016. Analisis Relasional Celebrity Endorser, Brand Image, Kepercayaan Konsumen Dengan Alasan Pembelian Kosmetik Korea. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Amstrong dan Kotller, Philip. 2016. Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga. Jakarta.

Astuti, S. R. T., & Hestyani,A. D. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, Vol. 6, No. 2. Semarang. Universitas Diponegoro.

- Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang; Badan penerbit Universitas Diponegoro.

- Heda, Naufal Savero Rakha. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Merek Clear Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

- Mahanani. E. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian produk Mataharimall.com. Ikraith-Humaniora, Vol. 2, No. 2. Jakarta. Universitas Persada Indonesia.

- Malau, Harman. 2017. Manajememn Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

- Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.

- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.

- Sujarweni, V Wiratna 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sukma, K. A. D. S K., Nurcahya, I. K., Suryani, A. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men's Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 7. Bali. Universitas Udayana.

Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Yunita. Mega dan Elwisana. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Pada Indomaret Wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen. Oikonomia. Vol. 13. No. 2. Jakarta. Universitas Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.37-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ