PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN LIPSTIK PIXY MAHASISWI STIE BINA KARYA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.37-42Keywords:
Celebrity Endorser, Brand Image dan Keputusan PembelianAbstract
Pemakaian lipstik khususnya dikalangan mahasiswi sudah menjadi salah satu trend untuk mempercantik diri dan sebagai penunjang penampilan. Lipstik yang banyak di gandrungi salah satunya yang sedang booming adalah Pixy. Dengan adanya Celebrity Endorser dan Brand Image dari suatu produk dapat menjadi tolak ukur keputusan konsumen untuk membeli. Celebrity Endorser dapat meningkatkan keyakinan konsumen serta dapat mendukung citra dari suatu produk yang dipromosikan sehingga dapat mempengaruhi konsumen terhadap keputusan pembelian. Opini mahasiswi STIE Bina Karya, meskipun Pixy dalam iklan nya menggandeng Celebrity Endorser yang cantik dan masih muda itu saja tidak cukup karena harus memenuhi kriteria sesuai dengan produk, daya tarik, kredibilitas yang tinggi, serta mampu menginspirasi wanita secara luas dan saat ini umat Muslim menghendaki agar produk yang digunakannya telah dijamin kehalalannya atau sesuai dengan syariah Islam. Brand Image halal Lipstik Pixy seolah dibelunggu oleh berbagai opini dan persepsi mahasiswi Bina Karya yang memposisikan sebagai kosmetik untuk wanita muslim, apalagi lipstik Pixy diproduksi oleh perusahaan asing, seperti Jepang yang mayoritas non muslim sehingga kepercayaan mahasiswi STIE Bina Karya terhadap lipstik Pixy berlabel halal masih dipertanyakan sehingga tingkat keputusan pembelian terhadap lipstik Pixy dapat menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Celebrity Endorser dan Brang Image terhadap keputusan pembelian dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Dari hasil perhitungan uji simultan diperoleh bahwa hipotesis Variabel Celebrity Endorser dan Variabel Brand Image berpengaruh terhadap Variabel Keputusan pembelian.References
- Afrini, Ayu. 2016. Analisis Relasional Celebrity Endorser, Brand Image, Kepercayaan Konsumen Dengan Alasan Pembelian Kosmetik Korea. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
Amstrong dan Kotller, Philip. 2016. Dasar – Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Erlangga. Jakarta.
Astuti, S. R. T., & Hestyani,A. D. (2017). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, Vol. 6, No. 2. Semarang. Universitas Diponegoro.
- Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang; Badan penerbit Universitas Diponegoro.
- Heda, Naufal Savero Rakha. 2017. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Merek Clear Pada Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
- Mahanani. E. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian produk Mataharimall.com. Ikraith-Humaniora, Vol. 2, No. 2. Jakarta. Universitas Persada Indonesia.
- Malau, Harman. 2017. Manajememn Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
- Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta.
- Sujarweni, V Wiratna 2016. Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi Dengan SPSS. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sukma, K. A. D. S K., Nurcahya, I. K., Suryani, A. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men's Biore. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No. 7. Bali. Universitas Udayana.
Thamrin, Abdullah dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Yunita. Mega dan Elwisana. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Sunsilk Pada Indomaret Wilayah Pasar Minggu Jakarta Selatan. Jurnal Ilmu Manajemen. Oikonomia. Vol. 13. No. 2. Jakarta. Universitas Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.