KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Riyanti Riyanti, Azizatul Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Populasi sebanyak 43 perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling,diperoleh  sebanyak 5 perusahaan dan analisia data menggunakan Analisis Regresi Linier Beganda. Temuan penelitian menunjukkan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan tidak signifikan, Kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan ,kebijakan divident berpengaruh positif dan  signifikan serta ukuran perusahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kebijakan dividen dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

References


Artini, S. dan A. Puspaningsih,2011,Struktur Kepemilikan dan Struktur Modal terhadap Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan, Jurnal Keuangan dan Perbankan 15(1): 66-75.

Bernandhi, Riza, 2013,Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan, Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Brigham, Eugene F. And Houston, Joel F, 2013,Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2, Edisi Kesebelas, , Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Brigham, Eugene F. And Houston, Joel F, 2014,Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 1, Edisi Kesebelas, Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Efendi, Andri Sahlal, 2013,Analisis Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Deviden dan Kebijakan hutang Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Variabel Kontrol Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Kinerja Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2011), Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Efni, Yulia dkk. 2011, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan Studi pada Sektor Properti dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen: No 66b/DIKTI/KEP/2011.

Ghozali, Imam, 2009,Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat,Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar, 2006,Dasar-Dasar Ekonometrika, Jakarta, Erlangga.

Hardiyanti, N, 2012,Analisis Pengaruh Insider Ownership, Leverage, Profitabilitas, Firm Size, dan Dividen Payout Ratio terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Jensen & Meckling, 1976,The Theory of The Firm: Manajerial Behaviour, Agency Cost, and Ownership Structure, Journal of Financial and Economics, 3:305-360.

Kuncoro, Mudrajat, 2013,Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Edisi Keempat, Jakarta, Erlangga.

Kusumajaya, D. K, 2011, Pengaruh Struktur Modal Dan Pertumbuhan perusahaan terhadap profitabilitas dan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Tesis, Denpasar, Program Pasca Sarjana Universitas Udayana.

Martono dan Harjito,D. Agus, 2010,Manajemen Keuangan, Yogyakarta, Ekonisia.

Ni Putu Wida P.D. Dan I Wayan Suartana, 2014, Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.3 (2014):575-590.

Suad Husnan, 2005,Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas,Edisi Kelima, Yogyakarta, BPFE.

Sukirni Dwi, 2016,Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividend an Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 2016.

Suwito Edy dan Arleen Herawaty, 2005,Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan terhadap Tindakan Perataan Laba yang Dilakukan oleh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII di Solo.

Tarjo, 2008,Pengaruh Konsentrasi Kepemilikan Institusional dan Leverage terhadap Manajemen Laba, Nilai Pemegang Saham serta Cost of Equity Capital, Simposium Nasioanal Akuntansi XI, Pontianak.

Tendi Haruman, 2008,Struktur Kepemilikan, Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan,UU Pasar Modal no.8 tahun 1995Jurnal Keuangan &Perbankan Perbanas, 10(2) 1-6.

Yadnyana, I ketut dan Wati, Ni Wayan. 2011. Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen, Dan Nilai Perusahaan Manufaktur yang Go Public. Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 15, No. 1 Januari 2011.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.27-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ