STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA GEMBIRA LOKA ZOO MELALUI PENDEKATAN SWOT ANALYSIS

Dyah Fitriani, Hendro Setyono

Abstract


 Gembira Loka Zoo menjadi salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta yang sangat diminati. Koleksi binatang yang banyak dan beragam menjadi salah satu daya tariknya. Selain itu beberapa atraksi yang diselenggarakan di Gembira Loka Zoo juga banyak diminati pengunjung. Di sisi lain keberadaan objek wisata serupa seperti Taman Safari, Mini Zoo dan beberapa desa wisata yang mengusung tema wisata alam perlu menjadi perhatian untuk perbandingan daya saing Gembira Loka Zoo.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta strategi pengembangan Gembira Loka Zoo. Perumusan strategi pengembangan Gembira oka Zoo diawali dengan SWOT Analysis. SWOT Analysis digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi Gembira Loka Zoo. Setelah SWOT Analysis dilaksanakan, barulah dapat dirumuskan strategi pengembangan Gembira Loka Zoo

Keywords


kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, strategi pengembangan

References


Adongo, Charles A. Samuel, Anuga. Frederick, Dayour. 2015. Will they tell others to taste? International tourists' experience of Ghanaian cuisines Tourism Management Perspectives. Volume 15, July 2015, Pages 57–64 Confederation Of Tourism And Hospitality. 2011. Special Interest Tourism. London : BPP Leaning Media

Damanik, Janianto. 2013. Pariwisata Indonesia Antara Peluang dan Tantangan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hariadi, Sugeng. Rahayu, Siti. 2013. Perilaku Belanja Turis Individual Atas Produk Batik di Pulau Madura. Jurnal Bisnis dan Ekonomika. Surabaya : Universitas Surabaya

Hamzehpour, Farhad, Behram Ranjbarian, Saeid Fathi, Azarnoosh Ansari . 2019. The Strategic SWOT Analysis to Use Social Marketing in the Design of the Research Development Model of Islamic Azad University. The International Journal of Humanities. Volume 26, Issue 3 (2019), Pages 1-105.

Kotler, Philip, Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua Belas).Cetakan Ketiga. Jakarta : PT. Indeks

Mody, Makarand. Jonathan, Day, Sandra, Syndor. William, Jaffe. 2015. The different shades of responsibility: Examining domestic and international travelers' motivations for responsible tourism in India. Tourism Management Perspectives. Volume 12, October 2014, Pages 113–124

Oktarinda, Anggi. 2014. Yogyakarta Dorong Diversifikasi Wisata. Didapatkan dari http://kabar24.bisnis.com. 4 Desember 2014. Jam 17.00

Purnomo, Cahyo. 2009. Strategi Pemasaran Produk Wisata Minat Khusus Goa Cerme, Imogiri, Bantul. Jurnal Karisma. Vol. 3(2): 99-112. Yogyakarta : UPN

Teimoori, Dorna, Alireza Alinezhad. 2019. Organizational Sustainable Competitive Advantage Using ORESTE, TRIZ, SWOT Approaches in Gray Conditions. Iranian Journal of Optimization. Volume 11, Issue 2, 2019, 85-96

Tjiptono, Fandi. 2011. Pemasaran Jasa.Yogyakarta : Banyu Media

Widiyanto, Danar. 2015. Kunjungan Wisatawan 2014 Lampaui Target. Didapatkan dari http://krjogja.com. 6 Februari 2015. Jam 16.05

Zoun, Yanhong. Maumbe, Kudzayi. Deng, Jinyang. Selin, Steven W. 2015. Resource-baseddestination ompetitiveness evaluation using a hybrid analytic hierarchy process (AHP): The case study of West Virginia. Tourism Management Perspectives.Volume 15. July 201.




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.2.115-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ