PERAN KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENENTUKAN PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Alivia Rajab, Liza Nora

Abstract


This study aims to determine how much influence product quality has on consumer loyalty in Holland bakery in Jabodetabek with customer satisfaction as a mediating variable. The method used in this research is an associative quantitative method. The source of this research is using primary data and secondary data. The sample collection technique used was purposive sampling technique, with the number of samples tested was 196 respondents of Holland bakery consumers. The data collection technique is using a questionnaire distributed via Google Form to consumers who live in Jabodetabek. Methods of data analysis in this study using the Structural Equation Model (SEM), using the WarpPLS 7.0 approach. The results of this study indicate that product quality has a significant effect on consumer loyalty and product quality with customer satisfaction as a mediation which has a significant effect on customer loyalty. This means that the customer satisfaction variable is a partial mediation, which can affect directly or indirectly between the variable product quality and consumer loyalty, both with the presence of customer satisfaction as a mediation or not, product quality still affects consumer loyalty.

Keywords: Product Quality, Customer Satisfaction, Consumer Loyalty


Keywords


Product Quality, Customer Satisfaction, Consumer Loyalty

References


A Parasuraman, valerie A. Zeithmal, Leonard L. Berry. 1990. Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations (The Free Press) (A Parasuraman, 1990)

Adi Rifqi Purwo. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Purwo, 2013)

Andreas Caesar. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Cesar, 2016)

Caesar Andreas. 2016. (Andreas, Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel. Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran , 2016)

Dewi Nurmalita. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Outlet Holland Bakery di Cikarang Barat (Nurmalita, 2019).

Grewal, Dhruv dan Levy, Michael. 2014. Marketing, Fourth Edition, The McGraw-Hill. New York (Grewal, 2014)

Griffin J. , Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Dialihbahasakan oleh : dwi kartini yahya. Jakarta Erlangga, 2012)

Griffin, E. 2012. In A First Look At Communication Theory (p. eight edition) Amerika : McGrew Hill (Griffin E. , 2012)

Griffin, Jill. 2003. Customer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Diterjemahkan oleh Dr. Dwi Kartini Yahya. Jakarta : Erlangga (Griffin, 2003)

Haryanto Resty Avita. 2013. Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran MCDonald’s Manado (Avita, 2013)

Hermawan Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul (budi, 2011)

Hutomo Agyl Satrio. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasi (Satrio, 2011)

Ishak Asmai. 2011. Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyaitas (Studi Tentang Peran Mediasi Swithing Cost) (Ishak, 2011)

Kotler & Keller. 2016. (Keller, Manajemen Pemasaran. Edisi 15 Jakarta. Erlangga, 2016)

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta. Erlangga (Keller K. d., 2012)

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc (Kotler, 2016)

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson (Kotler P. d., 2018)

Kurriwati Nirma. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen (Nirma, 2015)

Kusumawati Dyah Ayu Dewi. 2015. Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Mediasi (Dewi, 2015)

Lestari Ani & Edy Yulianto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi (Survei Pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl. S. Hatta B3 Kav. A, Kota Malang) (Lestari aini, 2018)

Maria Monica & Anshori Mohamad Yusak. 2013. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen King Cake (Yusak, 2013)

Pongoh Melysa Elisabeth. 2013. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu AS Telkomsel Di Kota Manado (Pongoh, 2013)

Putri Hana Maudyana. 2020. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Berdampak Pada Loyalitas Konsumen Kober Mie Setan Cabang Semolowaru Surabaya (maudyana, 2020)

Putro Shandy Widjoyo. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya (Widjoyo, 2014)

Saputro Repinov. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada PT. Nusantara Sakti Demak) (Repinov, 2010)

Saragih Charles Victor B. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu Di Jakarta (Saragih, 2013)

Shaheen Mansori, PhD. 2018. Pengaruh Kualitas Produk pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan: Bukti dari Industri Teknik Malaysia (shaheen mansori, 2018)

Solimun, dkk. 2017. Metode Statistika Multivariant Permodelan Struktural (SEM) Pendekatan WarPLS. Malang : UB Press (Solimun, 2017)

Sugiyono. 2014. (Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2014)

Sugiyono. 2016. (Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantiatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2016)

Sugiyono. 2017. (Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, an R&D. Bandung Alfabeta, 2017)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung Alfabeta. (Sugiyono, 2018)

Tjiptono & Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset (Tjiptono, 2014)

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Statisfaction. Yogyakarta, Andi. (Tjiptono f. d., 2016)

Valerie A. Zeithaml, Leonard L. Berry, & A.Parasuraman. 1996. Journal of Marketing. Vol 60 (Valerie A. Zeithaml, 1996)

Vitrijani Nova. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen (Survei Konsumen Bengkel Resmi Honda Motor Kelapa Gading) (nova, 2012)

Widayatma Cindy Phasalita. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rifa Kuliner Kendal) (phasalita, 2018)

Zulfiani Liki. 2016. (Liki, Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pengunjung Counter Produk Kosmetik Inez di Balubur Town Square Bandung), 2016)




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.2.73-84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis Indexing by:

Google Scholar Garba Rujukan Digital(Garuda)Bielefeld Academic Search Engine (BASE)

Copyright of Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (e-ISSN:2721-9062, p-ISSN:2716-4152)
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Powered by Puskom-UMJ