PENGARUH CITY BRANDING PADA CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE WISATA HUTAN BAMBU KABUPATEN LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.24853/jmmb.2.2.99-108Keywords:
City Branding, City Image, Keputusan BerkunjungAbstract
Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Lumajang ini menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang diminati oleh para wisatawan karena memiliki berbagai macam destinasi wisata baik wisata alam, wisata buatan, wisata edukasi, wisata rohani dan lainnya. Salah satu wisata yang ada di Kabupaten Lumajang salah satunya Wisata Hutan Bambu yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh City Branding Pada City Image (2) pengaruh City Image terhadap keputusan berkunjung (3) pengaruh City Branding pada Keputusan Berkunjung (4) pengaruh City Branding terhadap keputusan berkunjung melalui City Image. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Explanatory Research dengan menggunakan metode Path Analysis, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan sumber data berasal dari penyebaran kuesioner. Metode dalam pegambilan sampel data menggunakan Purposeive Sampling, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden melalui penyebaran kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh City Branding Pada City Image, pengaruh City Image terhadap keputusan berkunjung, pengaruh City Branding pada Keputusan Berkunjung dan pengaruh City Branding terhadap keputusan berkunjung melalui City Image.References
Aldo Putra, Dzaki, Edriana Pangestuti. 2018. Pengaruh City Branding “The Heart Of East java” Pada Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Chaerani, Ratu Y.(2011). Pengaruh City Branding Terhadap City Image Pada Pencitraan Kota Solo”The Spirit Of Java”.Universitas Sultan Agung Tirtayasa.
Dinnie, Keith. (2011). City Branding/Theory And Cases. Tokyo/Palgrave Macmillan.
Dwi Prakoso, Bagas, Novi Marlena. 2020. Pengaruh City Branding Dan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Di Lumpur Sidoarjo. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.
Irawan, Ari.dkk.2018. Pengaruh City Branding Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Kota Wisata Batu. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
Khomeini, Ayatullah, dkk.2020. Pengaruh City Branding “Bima Maja Labo Dahu” (Malu dan Takut) Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Bima. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management Edisi 15”. New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.
Mihardja, E. J. (2019). City Branding Strategy and Local Government Readiness, 353(IcoSIHESS), 206–212.
Pokdarwis Desa Sumbermujur tahun 2020
https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/index.php/2020/09/01/koordinasi-penyamaan-persepsi-jumlah-pulau-diindonesia-tahun-2020/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, telah menyetujui ketentuan Lisensi Hak Cipta sebagai berikut :
1. Penulis memegang hak cipta atas jurnal yang telah dituliskanya, dan memberikan hak kepada Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis untuk menjadi yang pertama dan satu-satunya pengelola jurnal untuk mempublikasikan artikel tersebut.
2. Setiap artikel jurnal yang dipublikasikan JMMB dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dan mengaksesnya secara terbuka.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting link tertaut atas artikel yang telah ditulisnya dalam web Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/JMMB/index ).
Informasi lebih lebih lanjut tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.