PENGARUH CITY BRANDING PADA CITY IMAGE DAN KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE WISATA HUTAN BAMBU KABUPATEN LUMAJANG

Iwan Bahtiar, Ni Nyoman Putu Martini, Tatit Diansari Reskiputri

Abstract


Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Lumajang ini menjadi salah satu destinasi wisata  di Jawa Timur yang diminati oleh para wisatawan karena memiliki berbagai macam destinasi wisata baik wisata alam, wisata buatan, wisata edukasi, wisata rohani dan lainnya. Salah satu wisata yang ada di Kabupaten Lumajang salah satunya Wisata Hutan Bambu yang berada di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh City Branding Pada City Image (2) pengaruh City Image terhadap keputusan berkunjung (3) pengaruh City Branding pada Keputusan Berkunjung (4) pengaruh City Branding terhadap keputusan berkunjung melalui City Image. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Explanatory Research dengan menggunakan metode Path Analysis, Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan sumber data berasal dari penyebaran kuesioner. Metode dalam pegambilan sampel data menggunakan Purposeive Sampling, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden melalui penyebaran kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh City Branding Pada City Image, pengaruh City Image terhadap keputusan berkunjung, pengaruh City Branding pada Keputusan Berkunjung dan pengaruh City Branding terhadap keputusan berkunjung melalui City Image.

Keywords


City Branding, City Image, Keputusan Berkunjung

References


Aldo Putra, Dzaki, Edriana Pangestuti. 2018. Pengaruh City Branding “The Heart Of East java” Pada Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung Ke Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Chaerani, Ratu Y.(2011). Pengaruh City Branding Terhadap City Image Pada Pencitraan Kota Solo”The Spirit Of Java”.Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Dinnie, Keith. (2011). City Branding/Theory And Cases. Tokyo/Palgrave Macmillan.

Dwi Prakoso, Bagas, Novi Marlena. 2020. Pengaruh City Branding Dan Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Di Lumpur Sidoarjo. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Irawan, Ari.dkk.2018. Pengaruh City Branding Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Ke Kota Wisata Batu. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Khomeini, Ayatullah, dkk.2020. Pengaruh City Branding “Bima Maja Labo Dahu” (Malu dan Takut) Terhadap City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Bima. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management Edisi 15”. New Jersey : Pearson Pretice Hall, Inc.

Mihardja, E. J. (2019). City Branding Strategy and Local Government Readiness, 353(IcoSIHESS), 206–212.

Pokdarwis Desa Sumbermujur tahun 2020

https://ditjenbinaadwil.kemendagri.go.id/index.php/2020/09/01/koordinasi-penyamaan-persepsi-jumlah-pulau-diindonesia-tahun-2020/




DOI: https://doi.org/10.24853/jmmb.2.2.99-108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Powered by Puskom-UMJ