Formulasi Cendol Daun Kelor (Moringa Oleifera) sebagai Minuman Fungsional

Anya Talita Azra, Walliyana Kusumaningati

Abstract


Latar Belakang: Salah satu manfaat dari vitamin C (yang terdapat pada kelor) bagi tubuh yaitu untuk meningkatkan imunitas. Cendol adalah salah satu contoh minuman yang banyak digemari karena kenikmatannya. Peneliti ingin melakukan penelitian terkait minuman cendol daun kelor yang diharapkan dapat menjadi minuman alternatif untuk imunitas tubuh. Tujuan: Mengetahui formulasi cendol daun kelor terhadap mutu organoleptik, menganalisis vitamin, dan uji kandungan gizi pada cendol daun kelor. Metode: Penelitian yang dilakukan yaitu penelitian eksperimental dengan desain RAL, dilakukan dengan tiga kali perlakuan dan 1 perlakuan produk pembanding dengan tiga kali pengulangan. Dengan uji yang dilakukan yaitu, uji organoleptik, uji vitamin C dan uji proksimat. Analisis SPSS yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, dilanjutkan dengan uji Kruskall Wallis dan uji Mann- Whitney. Hasil: Uji mutu hedonik adanya perbedaan nyata pada warna, rasa dan tekstur,sementara tidak adanya perbedaan nyata pada aroma. Pada uji hedonik adanya perbedaan nyata pada warna, dan tekstur dan tidak adanya perbedaan nyata pada aroma dan rasa. Kadar vitamin C pada minuman cendol daun kelor tidak terdeteksi, tetapi cendol kelor memiliki kadar abu 0,53%, energi dan lemak 1,89 kcal/100 g, kadar lemak total 0,21%, kadar air 83,1%, energi total 66,51 kcal/100 g, protein 0,91%, karbohidrat 15,24%. Simpulan: Pada uji organoleptik adanya perbedaan nyata pada warna, rasa dan tekstur dalam uji mutu hedonik, sementara pada uji hedonik adanya perbedaan nyata pada warna dan tekstur. Tidak terdeteksinya vitamin C pada cendol daun kelor.


Keywords


cendol daun kelor; covid-19; uji organoleptik; vitamin c

Full Text:

PDF

References


Huldani. Pengantar Imunologi dari Imunoseluler Ke Exercise Imunologi. Phoenix Publ. 2018;1–12.

Setyoningsih H, Pratiwi Y, Rahmawati A, Wijaya HM, Lina RN, Kudus K. Penggunaan Vitamin Untuk Meningkatkan. J Pengabdi Kesehat. 2021;4(2):136–50.

Oktariya U. Analisis Kandungan Vitamin C dalam Daun Kelor (Studi di Wilayah Kabupaten Jombang). 2017.

Irwan Z. Kandungan Zat Gizi Daun Kelor (Moringa Oleifera) Berdasarkan Metode Pengeringan. J Kesehat Manarang. 2020;6(1):69–77.

Andriyani F, Silvia FJ, Kusminanto RY, Sholikhah YK. Dawet Ceker Ayam “Dawet Kera” Kaya Gizi, Rendah Kolesterol Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Gizi Masyarakat. 2015.

Achmad SH, Telkom U, Alami P. Pemanfaatan Daun Kelor Sebagai Substitusi Daun Suji Pada Cendol. In: e-Proceeding of Applied Science. 2021. p. 3136–43.

Riani A. Cendol Masuk Deretan Dessert Terbaik di Dunia 2018 Versi CNN. 2018;

Purba RA. Pengaruh Penambahan Tepung Daun Kelor (moringa oleifera) dalam Pembuatan Kue Onde-Onde Ketawa Menggunakan Tepung Mocaf. Universitas Sumatera Utara; 2018.

Al- Maskatv BSW. Uji Hedonik dan Mutu Hedonik Tempe Kacang Kedelai (Glycine max L) dengan Penambahan Tepung Sagu (Metoxylon sagu Rottb). IAIN Ambon; 2021.

Zulistina M. Mutu Organoleptik dan Kandungan Gizi Abon Ikan Tuna (Thunnus Sp) yang Ditambahkan Pakis (Pteridophyta). Stikes Perintis Padang; 2019.

Hasanah I. Pengaruh Penambahan Sari Daun Kelor (Moringa oleifera) Dan Sari Stroberi Terhadap Hasil Uji Organoleptik Pada Permen Karamel Susu. Universitas Sanata Dharma; 2018.

Rahmawati F, Nurfaizin, Alwi Mustaha M. Pengaruh Pengolahan Terhadap Kadar Vitamin C Pada Beberapa Komoditas. Balai Pengkaj Teknol Pertan Sulawesi Tenggara. 2017;1–6.

Hasbullah UHA, Umiyati R. Perbandingan Warna Tepung Suweg Fase Dorman dan Vegetatif Secara Instrumental dan Sensoris. Agrisaintifika J Ilmu-Ilmu Pertan. 2017;1(1):64.

Sumarni N. Pengaruh Penambahan Daun Kelor (Moringa aleifera L) pada Nugget Ikan Tongkol (Euthynnus affinis) terhadap Mutu Organoleptik dan Kandungan Zat Gizi sebagai Makanan Alternatif Tinggi Zat Besi. Stikes Perintisan Padang; 2020.

Kristiandi K, Rozana R, Junardi J, Maryam A. Analisis Kadar Air, Abu, Serat dan Lemak Pada Minuman Sirop Jeruk Siam (Citrus nobilis var. microcarpa). J Keteknikan Pertan Trop dan Biosist. 2021;9(2):165–71.

Rosmawati R. Lama Perebusan Terhadap Kandungan Protein Pada Kerang Darah (Anadara granosa). Biosel Biol Sci Educ. 2013;2(2):103.

Suhanda H. Metode titrimetri dikenal juga sebagai metode volumetri ? 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta; 2019.




DOI: https://doi.org/10.24853/mjnf.4.2.84-92

Refbacks



Indexed by:

     

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Copyright of Muhammadiyah Journal of Nutrition and Food Science (e issn: 2722-2942)

Powered by Puskom-UMJ