PENERAPAN CONNECTED MODEL BAGI ANAK BERKESULITAN BELAJAR MENULIS DI TK

Siti Khosiah

Abstract


Penelitin ini mengkaji pembelajaran terpadu model connected bagi anak berkesulitan belajar dalam kemampuan menulis permulaan di TK B BPK Gandul Cinere Depok. Berdasarkan hasil observasi terdapat anak yang mengalami kesulitan menulis, seperti tulisan sulit dibaca, bentuk huruf tidak sesuai kaidah, kemiringan huruf dan ukuran huruf beragam, huruf tidak pada posisi yang tepat, dan kualitas huruf kurang. Setelah dilakukan beberapa asesmen, pembelajaran terpadu model connected dijadikan alternatif dalam model pelayanan pembelajaran dikarenakan fokus dalam menghubungkan satu topik ke topik berikutnya. Kegiatan mengulang-ulang ini akan semakin memudahkan anak untuk mempelajari topik yang akan datang.

Full Text:

PDF

References


Collins, Gillian and Hazel Dixon. Integrated Learning: Planned

Curriculum Units Stage 3. Gosford: Bookshelf Publishing. 1991.

Dick, Walter, Lou Carey, & James O. Carey. The Systematic Design of

Instruction (5th ed). New York: Addison-Wesley Educational

Publishers Inc. 2001.

Drake, M. Susan. Creating Standars Based Integrated Curikulum.

California: Corwin Press. 2007.

Fogarty, Robin. The Mindful School: How to Integrate the Curricula.

Palatine: Skylight Publishing Inc. 1991.

Indrawati, Tersedia dalam http://www.

P4tkipa.org/data/pembelajaranterpadu.pdf (10 Desember 2011).

Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman

Kanak-Kanak.. Jakarta:Yayasan Penamas Murni. 2003.

Jamaris, Martini.. Kesulitan Belajar: Perspektif, Assessmen dan

Penanggulangannya. Jakarta:Yayasan Penamas Murni. 2009.

Patmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka

Cipta. 2003.




DOI: https://doi.org/10.24853/ma.4.2.191-214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Khosiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.

width="127"   width="100" width="100" width="100" width="100"Road

Powered by Puskom-UMJ