Penerapan Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten

Authors

  • Muhiyi Muhiyi Universitas Ibnu Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.24853/ma.3.1.65-87

Abstract

Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang penerapan  model penyelenggaran pendidikan karakter di  sekolah menengah atas  dengan kasus di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten, Temuannya antara lain adalah bahwa penerapan pendidikan karakter yang diterapkan dilingkungan SMAN 2 KS Kota Cilgon Provinsi Banten adalah model integratif yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan guru pendidikan agama Islam menjadi aktor utamanaya, dengan dukungan kebijakan yang kondusif dari kepala sekolah SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten. Kehadiran dan keterlibatan aktivis kampus melaui monitoring memerlukan pencermatan dan koordinasi yang terintegrasi  dengan program guru pendidikan agama Islam.

References

Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Buku Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Panduan Pelaksan pendidikan karakter; Jakarta, Pendidikan Nasional

Lickona, Thomas, 199, Educating for Character: How our School Can teach Respect and Responsibilty, New York: bantam Books.

Moelong J 1998, Metodologi penelitian kualitatif, Jakarta: remaja Rosda karya.

Peraturan Menteri pendidikan nasional Nomor 43 1 tahun 2007

Profil SMAN 2 Kota Cilegon

RPP (Mata Pelajaran PAI; Kelas X, Semester Genap, Materi Pokok Sumber Hukum Islam, Petemuan II

Sidi, Indradjati, 2003, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta, Paramadina

Downloads

Published

2020-02-05

Issue

Section

Articles