Penerapan Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten

Muhiyi Muhiyi

Abstract


Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang penerapan  model penyelenggaran pendidikan karakter di  sekolah menengah atas  dengan kasus di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten, Temuannya antara lain adalah bahwa penerapan pendidikan karakter yang diterapkan dilingkungan SMAN 2 KS Kota Cilgon Provinsi Banten adalah model integratif yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan guru pendidikan agama Islam menjadi aktor utamanaya, dengan dukungan kebijakan yang kondusif dari kepala sekolah SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten. Kehadiran dan keterlibatan aktivis kampus melaui monitoring memerlukan pencermatan dan koordinasi yang terintegrasi  dengan program guru pendidikan agama Islam.


Full Text:

RTF

References


Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Buku Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Panduan Pelaksan pendidikan karakter; Jakarta, Pendidikan Nasional

Lickona, Thomas, 199, Educating for Character: How our School Can teach Respect and Responsibilty, New York: bantam Books.

Moelong J 1998, Metodologi penelitian kualitatif, Jakarta: remaja Rosda karya.

Peraturan Menteri pendidikan nasional Nomor 43 1 tahun 2007

Profil SMAN 2 Kota Cilegon

RPP (Mata Pelajaran PAI; Kelas X, Semester Genap, Materi Pokok Sumber Hukum Islam, Petemuan II

Sidi, Indradjati, 2003, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta, Paramadina




DOI: https://doi.org/10.24853/ma.3.1.65-87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhiyi Muhiyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.

width="127"   width="100" width="100" width="100" width="100"Road

Powered by Puskom-UMJ