Penerapan Model Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten
Abstract
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang penerapan model penyelenggaran pendidikan karakter di sekolah menengah atas dengan kasus di SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten, Temuannya antara lain adalah bahwa penerapan pendidikan karakter yang diterapkan dilingkungan SMAN 2 KS Kota Cilgon Provinsi Banten adalah model integratif yang melibatkan seluruh komponen sekolah dan guru pendidikan agama Islam menjadi aktor utamanaya, dengan dukungan kebijakan yang kondusif dari kepala sekolah SMAN 2 KS Kota Cilegon Provinsi Banten. Kehadiran dan keterlibatan aktivis kampus melaui monitoring memerlukan pencermatan dan koordinasi yang terintegrasi dengan program guru pendidikan agama Islam.
Full Text:
RTFReferences
Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Buku Induk Pendidikan Karakter, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional
Kementerian Pendidikan Nasional, 2011 Panduan Pelaksan pendidikan karakter; Jakarta, Pendidikan Nasional
Lickona, Thomas, 199, Educating for Character: How our School Can teach Respect and Responsibilty, New York: bantam Books.
Moelong J 1998, Metodologi penelitian kualitatif, Jakarta: remaja Rosda karya.
Peraturan Menteri pendidikan nasional Nomor 43 1 tahun 2007
Profil SMAN 2 Kota Cilegon
RPP (Mata Pelajaran PAI; Kelas X, Semester Genap, Materi Pokok Sumber Hukum Islam, Petemuan II
Sidi, Indradjati, 2003, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta, Paramadina
DOI: https://doi.org/10.24853/ma.3.1.65-87
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Muhiyi Muhiyi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.