KEBIJAKAN PEMERINTAH MEMAJUKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA UNGGUL
Abstract
Tujuan penulisan penelitian mendeskripsikan kebijakan pemerintah Indonesia dalam memajukan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul. Karenanya masalah kebijakan pemerintah Indonesia meningkatan mutu layanan pendidikan merupakan persoalan strategis dalam agenda pelaksanaan pembangunan. Pendidik di sekolah memiliki posisi strategis terhadap perkembangan peserta didik. Karena tugas pendidikan, selain pemerintah, harus juga memiliki turut mencerdaskan kehidupan bangsa dalam menciptakan Sumber Daya Manusia Unggul. Metodologi penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data diperoleh secara purpose sampling. Yaitu, melalui obsrvasi dan wawancara. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang menonjolkan pengungkapan fenomena menurut persepsi subyek peneliti. Hasilnya, dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, tentang Standar Nasional Pendidikan, diiharapkan dapat memajukan dan meningkatkan kualitas pendidik dalam proses pendidikan nasional yang semakinkompetitif. Walaupun dilihat dari sarana dan prasarana fisik, kualitas guru dan dosen sebagai pendidik dalam pelayanan pendidikan di perkotaan dan perdesaan masih jauh dari harapan. Karenanya fasilitas dan kualitas guru dosen perlu ditingkatkan baik sarana dan prasarana ataupun cara mengajarnya menuju Indonesia Unggul.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhwan, M. (2003). Peningkatan dan Standarisasi Mutu Pendidikan; Tinjauan atas UU, Kurikulum dan Kemampuan Guru. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah, VIII(VI), 36–45.
Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1256
Amrullah Aziz. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, 10(2), 157.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta, 2006(2006), 1–99. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/prosedur-penelitian-suatu-pendekatan-praktek-suharsimi-arikunto-19157.html
Asmani. Ma’mur. (2009). Manajemen Pengelolaan Dan Kepemimpinan Pendidikan Professional. DIVA Press.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group.
Creswell. J. W. (2012). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Design, 04(01), 26.
Daulay, Haidar, P. (2007). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Kencana.
Hamalik. (2003). Peningkatan Kualitas Pendidikan. Indonesia Policy Briels- Ide-Ide Program 100 Hari, 01(03), 9.
Hamzah, H. (2013). Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 151. https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.23.151-175
Hanson, J. W. dan C. S. B. (2000). Education and the Development of Nations. Holt: Rinehart and Winston.
Harapan, F., Z, U. I., & Ar, M. (2014). Implementasi manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada SMAN 10 fajar harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2(2), 58–70. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=342005&val=7936&title=IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMAN 10 FAJAR HARAPAN
Harris Y. P. Sibuea. (2014). Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia. Info Singkat Hukum. Info Singkat Hukum, vi(18), 388.
Ismail, I. (2014). Analisis arah kebijakan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang merata dan berkualitas di kota makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 97831. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1565959&val=4349&title=ANALISIS ARAH KEBIJAKAN PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN YANG MERATA DAN BERKUALITAS DI KOTA MAKASSAR
Undang-Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 25 (2005).
Malik, O. (2016). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.
Muhaimin dan Mudjib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Tarsito.
Muhammad Fadhli. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Manajemen Pendidikan, 01(02), 216–240.
Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Journal Tadris, 02(01), 119–133.
Mulyasa. E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Philip B. Crosby. (2007). Quality is Free, Mc-Graw Hill Book, New York. Qomar, Mujamil. Qomar, Mujamil.
Riset, K. (2017). Kebijakan pengembangan kampus dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi. http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/2.-Dr.-Ir.-Patdono-Suwignjo-M.Eng_.Sc-Pengembangan-Kampus-Meningkatkan-Mutu.pdf
Sabar Budi Raharjo. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 298–319.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sallis, E. (2010). Total Quality Management In Education. IRCiSoD.
Suryana, S. (2009). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Persfektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(02), 553.
Suwarto. (2009). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah Di Propinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 492–510. https://doi.org/10.2147/PHMT.S95054
Syafauddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Grasindo.
Tjiptono, Fandy, A. D. (1998). Total Quality Management (TQM). Andi Offset.
Usman, A. S. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Ilmiah Didaktika, 15(1), 13–31.
Usman, M. U. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
Akhwan, M. (2003). Peningkatan dan Standarisasi Mutu Pendidikan; Tinjauan atas UU, Kurikulum dan Kemampuan Guru. JPI FIAI Jurusan Tarbiyah, VIII(VI), 36–45.
Alawiyah, F. (2017). Standar nasional pendidikan dasar dan menengah. Aspirasi, 8(1), 81–92. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1256
Amrullah Aziz. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, 10(2), 157.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta, 2006(2006), 1–99. http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/buku/detail/prosedur-penelitian-suatu-pendekatan-praktek-suharsimi-arikunto-19157.html
Asmani. Ma’mur. (2009). Manajemen Pengelolaan Dan Kepemimpinan Pendidikan Professional. DIVA Press.
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan merdeka belajar sebagai peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/225
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group.
Creswell. J. W. (2012). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Research Design, 04(01), 26.
Daulay, Haidar, P. (2007). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Kencana.
Hamalik. (2003). Peningkatan Kualitas Pendidikan. Indonesia Policy Briels- Ide-Ide Program 100 Hari, 01(03), 9.
Hamzah, H. (2013). Manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 10(1), 151. https://doi.org/10.24239/jsi.v10i1.23.151-175
Hanson, J. W. dan C. S. B. (2000). Education and the Development of Nations. Holt: Rinehart and Winston.
Harapan, F., Z, U. I., & Ar, M. (2014). Implementasi manajemen strategik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan pada SMAN 10 fajar harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2(2), 58–70. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=342005&val=7936&title=IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMAN 10 FAJAR HARAPAN
Harris Y. P. Sibuea. (2014). Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Indonesia. Info Singkat Hukum. Info Singkat Hukum, vi(18), 388.
Ismail, I. (2014). Analisis arah kebijakan pelaksanaan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun yang merata dan berkualitas di kota makassar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 97831. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1565959&val=4349&title=ANALISIS ARAH KEBIJAKAN PELAKSANAAN WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN YANG MERATA DAN BERKUALITAS DI KOTA MAKASSAR
Undang-Undang RI Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 25 (2005).
Malik, O. (2016). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.
Muhaimin dan Mudjib, A. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Tarsito.
Muhammad Fadhli. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Studi Manajemen Pendidikan, 01(02), 216–240.
Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Sistem Pembelajaran Yang Tepat. Journal Tadris, 02(01), 119–133.
Mulyasa. E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosdakarya.
Philip B. Crosby. (2007). Quality is Free, Mc-Graw Hill Book, New York. Qomar, Mujamil. Qomar, Mujamil.
Riset, K. (2017). Kebijakan pengembangan kampus dalam rangka peningkatan mutu pendidikan tinggi. http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/2.-Dr.-Ir.-Patdono-Suwignjo-M.Eng_.Sc-Pengembangan-Kampus-Meningkatkan-Mutu.pdf
Sabar Budi Raharjo. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 298–319.
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sallis, E. (2010). Total Quality Management In Education. IRCiSoD.
Suryana, S. (2009). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Persfektif Pembangunan Pendidikan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(02), 553.
Suwarto. (2009). Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menegah Di Propinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 492–510. https://doi.org/10.2147/PHMT.S95054
Syafauddin. (2002). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Grasindo.
Tjiptono, Fandy, A. D. (1998). Total Quality Management (TQM). Andi Offset.
Usman, A. S. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Ilmiah Didaktika, 15(1), 13–31.
Usman, M. U. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24853/swatantra.21.2.189-205
Refbacks
- There are currently no refbacks.
My Stats