PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa sehingga penulis tergerak untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping dan metode drill yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping dan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design yang berbentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 MTs Negeri 1 Jakarta. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes. Instrumen tes menggunakan tes uraian untuk soal pretest dan posttest. Instrumen tes dibuat sebanyak 15 soal yang disesuaikan dengan indikator materi statistika dan indikator hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada pretest dan posttest terdapat perbedaan dan dapat ditunjukkan dalam perhitungan uji hipotesis uji-t paired sample dengan atau 12,61 > 1,714 yang berarti bahwa ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dan metode drill berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buzan, T. 2008. Buku Pintar Mind Map. Terjemahan oleh: Susi Purwoko. Jakarta: Gramedia
Fadilah, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol. 1(2), pp: 1-12
Halimah, N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbasis Etnomatematika terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMK PERINTIS ADILUHUR Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Jihad, A dan Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kadir. 2015. Statistika Terapan (Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian). Jakarta: PT Raja Grafindo
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Safitri, AD dan Rahmi S. 2019. Pengaruh Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo. Vol 1(1), pp: 19-22.
Setyaningsih, L. 2016. Pengaruh Metode Drill (Latihan) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTS ARRAHMAH PAPAR pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Tahun Pelajaran 2015/2016. Artikel Skripsi.
Siregar, S. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Warti, E. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa Halim Pernada Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut Vol. 8 (3), 2086-4280.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.77-84
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |