PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA “MaTriG” DENGAN SOFTWARE CONSTRUCT 3 DI SMP
Abstract
Ketika teknologi diintegrasikan dengan pembelajaran melalui peangkan mobile dan smartphoone, penggunaan game edukasi memainkan peranan penting dalam konteks pendidikan adalah salasatu bentuk inovasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah game edukasi “MaTriG” dengan menggunakan software construct 3 yang efektif dan praktis. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru matematika, dan siswa MTs Al Azhar 29 Semarang. Game edukasi MaTriG ini bergenre platform game, dan aspek edukasi dari game ini mengandung materi matematika. Salah satunya adalah sistem dua variabel persamaan linier kelas VIII. Hasil evaluasi oleh lima verifikator mencapai skor rata-rata 87,8%, dan hasil reaksi siswa dan guru terhadap game edukasi “MaTriG” mencapai skor rata-rata 92,7%. Game pembelajaran “MaTriG” efektif dan praktis karena memiliki jumlah poin yang banyak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanda, D. A., & Putri, A. R. (2019). Pengembangan Game Edukasi Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Berbasis Android di SDN 1 Jepun. JOEICT (Jurnal of Education and Information Communication Technology), 3(2), 160–168.
Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software Construct 2 Berbantuan Phet Simulation Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993
Astuti, V. D., Nurul, R. M., & Rosiyanti, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamath pada Materi Aljabar Kelas VII. Fibonacci, 7(1), 1–10.
Barbieri, G. G., Barbieri, R., & Capone, R. (2021). Serious Games in High School Mathematics Lessons: An Embedded Case Study in Europe. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(5), 1–17. https://doi.org/10.29333/ejmste/10857
Gunawan, R., Hendri Prastyawan, T., & Wahyudin, Y. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Perhitungan Dasar Matematika Sekolah Dasar Kelas 3, 4 Dan 5 Mengunakan Construct 2. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1), 46–59. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.134
Hapsari, D., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matrik. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51–60.
Hayhow, S., Parn, E. A., Edwards, D. J., Hosseini, M. R., & Aigbavboa, C. (2019). Construct-It: A Board Game To Enhance Built Environment Students’ Understanding Of The Property Life Cycle. Industry and Higher Education, 33(3), 186–197. https://doi.org/10.1177/0950422219825985
Munaji, M., & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil Kemampuan Matematika Siswa Smp Di Kota Cirebon Berdasarkan Standar Timss. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 249. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3732
Parsianti, I., Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Aritmatika (Monika) Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133–140. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/5807
Permatasari, S., Asikin, M., & Adhi, N. R. D. N. (2022). MaTriG: Game Edukasi Matematika dengan Construct 3. Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 36. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.29323
Saptia, E. D., & Susanti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Matei Pajak Penghasilan Pasal 21 Di Smkn 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, vol.3(no.1), 1–7.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD.
Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2018). Developing Mathematics Edutainment Media For Android Based On Students’ Understanding And Interest: A Teachers’ Review. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012093
Yulia, Y., Purba, N. M. B., & Nasir, J. (2019). Aplikasi Game Edukasi Matematika Berbasis Android. Indonesian Journal of Computer Science, 8(2), 101–112. https://doi.org/10.33022/ijcs.v8i2.196
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.21-30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |