EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEAR DECK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH ALJABAR ABSTRAK LANJUT
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.127-136Keywords:
Pear Deck, Online Learning, Advanced Abstract AlgebraAbstract
Pandemi Covid-19 mengubah pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran daring. Pelaku pendidikan, tidak terkecuali di tingkat perguruan tinggi, harus beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar kegiatan pembelajaran bisa terus berjalan efektif. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring yang memungkinkan interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa adalah Pear Deck. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan Pear Deck dalam pembelajaran daring dalam mata kuliah Aljabar Abstrak Lanjut ditinjau dari hasil belajar dan respon mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan angket respon yang diadaptasi dari the Triple E Framework pada 19 mahasiswa semester lima Universitas Hasyim Asy’ari yang memprogram mata kuliah Aljabar Abstrak Lanjut. Data yang didapat meliputi data hasil belajar mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan tingkat pencapaian serta data hasil angket yang dianalisis berdasarkan teori the Triple E Framework oleh Kolb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 84% mahasiswa mendapat nilai di atas 80 dan tiga komponen dari teori the Triple E Framework (Engagement, Enhancement, dan Extension) terpenuhi. Dengan kata lain, penggunaan aplikasi Pear Deck efektif ditinjau hasil belajar dan respon mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar Abstrak LanjutReferences
Amrihani. 2020. Model Komunikasi Virtual dalam Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Dipandemi Covid-19. In S. J. Amin (Ed.), Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19 (1st ed., pp. 2–11). IAIN Parepare Nusantara Press.
Anggoro, K. J. 2021. "The Impact of Interactive Online Learning by Pear Deck During COVID-19 Pandemic Era". SAGE Journals. Vol. 52(3), pp: 645–647.
Anwar, M. 2017. "Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching". Ekspose. Vol. 16(2), pp: 469–480.
Basilaia, G. 2020. "Replacing the Classic Learning Form at Universities as an Immediate Response to the COVID-19 Virus Infection in Georgia". International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology. Vol. 8(3), pp: 101–108.
Burhanudin, B. 2021. "Inovasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah". Jurnal Pendidikan Guru. Vol 2(1), pp: 56–67.
El Khatim, M. S., & Al Ahbabi, M. 2020. "Integrating blended learning in information literacy teaching with Integrating blended learning in information literacy teaching with Pear Deck Pear Deck". The Information Literacy Network of the GCC 2020-2021.
Fakhriah, L., Pramadi, R. A., & Listiawati, M. 2022. "Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh". Jurnal Educatio FKIP UNMA. Vol 8(1), pp: 15–21.
Fortes, E. C. 2016. "Teaching Abstract Algebra Online". The Normal Lights. Vol 10(1), pp: 154–181.
Gloster, A. T., Lamnisos, D., et.al. 2020. "Impact of COVID-19 pandemic on mental health: An international study". PLoS ONE. Vol 15(12), pp: 1–20.
Haryani, F., & Ayuningtyas, N. 2021. "The impact of interactive online learning by Pear Deck during COVID-19 pandemic era". Journal of Physics: Conference Series, 1957(1).
Ismawati, D., & Prasetyo, I. 2020. "Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19". Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5(1), pp: 665.
Jusuf, R., & Maaku, A. 2020. "Kurikulum Darurat Covid 19… Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah". Jurnal Ilmiah Iqra. Vol. 2.
Kelana, J. B., Wulandari, M. A., & Wardani, D. S. 2021. "Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting di Masa Pandemi Covid-19 pada Pembelajaran Sains". Jurnal Elementary. Vol 4(1), pp: 18–22.
Kolb, L. 2020. "The Triple E Framework: Using Research-Based Strategies for Technology Integration. In L. E. Langran (Ed.)". Proceedings of SITE - Society for Information Technology & Teacher Education International Conference 2020. Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. 2020. "Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Tengan Pandemi Covid-19". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Nieveen, N. M., & Folmer, E. 2013. "Educational design research / Part A: an introduction". Educational Design Research Part A An Introduction. pp. 152–169.
Odhabi, H., & Javed, Y. 2018. "Active Learning in Classrooms Using online Tools: Evaluating Pear-Deck for Students’ Engagement". 2018 Fifth HCT Information Technology Trends (ITT). pp: 126–131.
Okur, M., Dikici, R., Sanalan, V. A., & Tatar, E. 2011. "Computer Applications in Teaching Abstract Algebra". International Journal of Applied Science and Technology. Vol 1(1), pp: 20–27.
Panggabean, E. C., & Hadiyanto, S. 2021. "Pola Pemanfaatan Aplikasi Media Belajar dan Kualitas Interaksi Pembelajaran Online Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tarutung". Jurnal Sains Sosio Humaniora P-ISSN. Vol 5(1), pp: 2580–1244.
Prasetyono, R. N. 2020. "Analisis Penguunaan Google Meet Berbasis Android Mobile dalam Minat Belajar Mahasiswa Informatika". Indonesian Journal of Informatics and Research, Vol 1(2), pp: 84–90.
Prisuna, B. F. 2021. "Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Meet terhadap Hasil Belajar". Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol 14(2), pp: 137–147.
Rodliyah, I., & Sa’adah, N. 2021. "Efektifitas Platform Zoom terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Diferensial Biasa Selama Pandemi Covid-19". Sigma, Vol 7(1), pp: 40–48.
Sa’adah, N. 2020. "Pembelajaran Daring yang Interaktif di Era New Normal". Abidumasy, Vol 1(2), pp: 36–40.
Saragih, M. J. 2019. "Perlunya Belajar Mata Kuliah Aljabar Abstrak Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika". Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 03(02), pp: 249–265.
Sedova, K., & Navratilova, J. 2020. "Silent Students and The Patterns of Their Participation in Classroom Talk". Journal of the Learning Science, Vol 29(4–5), pp: 681–716.
Setiani, A. 2020. "Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, pp: 523–530.
Setyosari, P. 2014. "Menciptakan Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas". Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol 1(1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyaningrum, R., Hidayati, Y. M., Sutama, S., & Desstya, A. 2021. "Pemanfaatan Media Pear Deck dan Jamboard dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19". Jurnal Basicedu. Vol 5(5), pp: 4169–4179.
Sutiah, S., Slamet, S., Shafqat, A., & Supriyono, S. 2020. "Implementation of distance learning during the covid-19 pandemic in faculty of education and teacher training". Cypriot Journal of Educational Sciences. Vol 15(5), pp: 1204–1214.
Tadesse, S., & Muluye, W. 2020. "The Impact of COVID-19 Pandemic on Education System in Developing Countries: A Review". Open Journal of Social Sciences. Vol 08(10), pp: 159–170.
Zendrato, W. 2020. "Gerakan Mencegah daripada Mengobati terhadap Pandemi Covid-19". Jurnal Education and Development. Vol 8(2), pp: 242–248.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).