PROSES BERPIKIR ALJABAR BERDASARKAN METAKOGNISI

Masnia Masnia, Stevanus Budi Waluya, Nuriana Rachmani Dewi, E Sohilait

Abstract


Matematika memiliki berbagai cabang ilmu diantaranya adalah aljabar, dimana dalam aljabar berupa persamaan, simbol, tabel grafik dan lain sebagainya. Aljabar adalah kognisi yang merupakan alat berupa fungsi dan pemodelan matematika. Berpikir aljabar merupakan sebuah proses dalam Berpikir dengan pendekatan masalah matematika yang berhubungan dengan penggunaan simbol, alat, diagram, tabel dan sebagainya dengan menguji dan membuktikannya. Salah satu pandangan tentang Berpikir aljabar merupakan aktivitas otak dimana metakognisi merupakan Berpikir dalam Berpikir  atau Berpikir tentang kognisi, di dalam metakognisi terdiri dari pengetahuan metakognisi dan manajemen metakognisi, dalam pengetahuan kognisi maka kita harus mengetahui tentang diri sendiri, mengetahui tentang strategi dan mengetahui tentang tugas, dalam manajemen metakognisi berupa sebuah perencanaan, monitoring dan regulari yang itu semua merupakan model cluster dari metakognisi yang bisa dijadikan indikator metakognisi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Berpikir aljabar berdasarkan metakognisi. metode dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka, tinjauan pustaka yang penulis ambil dari sumber primer jurnal baik jurnal nasional ataupun jurnal internasional. Kesimpulan dari proses Berpikir aljabar berdasarkan metakognisi adalah Proses Berpikir Aljabar berdasarkan metakognisi adalah sebuah proses Berpikir yang berhubungan dengan konten aljabar yang memiliki pemahaman tentang diri sendiri, strategi dan tugas dalam menyelesaiakan masalah matematika, disertai dengan perencanaan, monitoring dan regulasi dalam meningkatkan proses Berpikirnya.

Keywords


Berfikir Aljabar, Kognisi, Metakognisi

Full Text:

PDF

References


Abdelrahman, R. M. 2020. Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04192

Craig, K. 2020. Evaluating metacognitive self-reports: Systematic reviews of the value of self-report in metacognitive research. Metacognition and Learning, 15(2), 155–213. https://doi.org/10.1007/s11409-020-09222-y

Drigas, A. 2020. The 8 Pillars of Metacognition. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(21), 162–178. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i21.14907

Erika Fulton & Tina Miyake. (t.t.). Metacognition. Diambil 29 Mei 2022, dari https://www.assessmentpsychologyboard.org/edp/pdf/Metacognition.pdf

Hollins, T., & Schwartz, B. 2002. Applied Metacognition. https://doi.org/10.1017/CBO9780511489976

Kaput, J. J. 2017. What Is Algebra? What Is Algebraic Reasoning? 5018.

Kusuma, D., Rochmad, R., Matematika, I. I.-N., & 2021, undefined. 2021. Mitos dalam Matematika dan Aplikasinya dalam Pendidikan Matematika. Journal.Unnes.Ac.Id, 4, 129–133.

Marzali, A. 2017. Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1, 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Ntšohi, M. A. M. E. 2013. Investigating Teaching And Learning Of Grade 9 Algebra Through Excel Spreadsheets: A Mixed-Methods Case Study For Lesotho. December.

Paul Drijvers, Aad Goddijn, & Martin Kindt. 2011. Algebra Education: Exploring Topics and Themes. https://page-one.springer.com/pdf/preview/10.1007/978-94-6091-334-1_1

Porumb, I., & Manasia, L. 2015. A clusterial conceptualization of metacognition in students. 7.

Radford, L. 2010. Elementary forms of algebraic thinking in young students. Proceedings of the 34th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 4, 73–80.

Sibgatullin, I. R. 2022. A Systematic Review on Algebraic Thinking in Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/11486

Somasundram, P. 2021. The Role of Cognitive Factors in Year Five Pupils’ Algebraic Thinking: A Structural Equation Modelling Analysis. Eurasia journal of mathematics, science and technology education, 17. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/9612

Torres, M. D. 2021. Generalization process by second grade students. Mathematics, 9(10). https://doi.org/10.3390/math9101109

van Velzen, J. (2016). Metacognitive Learning. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-24433-4




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.9.1.89-94

Refbacks



Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ