ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATICS ENGLISH SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AZHAR 15 PAMULANG

Authors

  • Sawitri Ayu Widyaningsih Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu http://orcid.org/0000-0002-8506-1878
  • Mustika Yuni Chairunissa Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu
  • Ismi Fairuz Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu
  • Nilanda Cahya Saputri Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu
  • Sabrila Destiani Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu
  • Arlin Astriyani Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Cirendeu

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.137-142

Keywords:

Kebutuhan Media Pembelajaran, Mathematics English

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati kalangan para pelajar, karena menganggap bahwa matematika itu sulit. Saat pembelajaran kerap kali mereka bermalas-malasan yang dapat menyebabkan banyak masalah seperti kurangnya pemahaman konsep, tidak berkembangnya kreatifitas pola berpikir, nilai tidak memuaskan, dan lain-lain. Beberapa sekolah khususnya sekolah Islam terpadu, berdasarkan pengalaman pada saat memberikan pelajaran kepada siswa Sekolah Islam Terpadu tersebut ada mata pelajaran Mathematics English yang dimana pelajaran tersebut di luar pelajaran matematika pada umumnya. Untuk mengetahui seberapa pentingnya  serta seberapa butuh media pembelajaran pada mata pelajaran Mathematics English dan mengidentifikasi hambatan media apa saja dalam kebutuhan media pembelajaran, Penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan melakukan pengamatan dan analisis data secara mendalam terhadap guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting untuk mendukung pembelajaran Mathematics English Agar siswa semangat belajar dan mengasah imajinasi mereka melalui media tersebut.

References

Crandall, J. 2018. Collaborate and Cooperate: Teacher Education for Integrating Language and . English Teaching Forum, 36.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Sukoharjo: TAHTA MEDIA GROUP.

Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 173.

R. Ambarini, A. S. 2018. Interactive Media in English Math at Kindergarten : Supporting Learning, Language and Literacy with ICT. AWEJ.

Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

Ratnawulan, E. d. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Setyowati, L. 2019. Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 11-12.

Siagian. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES, 60.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Downloads

Published

2022-12-31