ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATICS ENGLISH SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL-AZHAR 15 PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.137-142Keywords:
Kebutuhan Media Pembelajaran, Mathematics EnglishAbstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang kurang diminati kalangan para pelajar, karena menganggap bahwa matematika itu sulit. Saat pembelajaran kerap kali mereka bermalas-malasan yang dapat menyebabkan banyak masalah seperti kurangnya pemahaman konsep, tidak berkembangnya kreatifitas pola berpikir, nilai tidak memuaskan, dan lain-lain. Beberapa sekolah khususnya sekolah Islam terpadu, berdasarkan pengalaman pada saat memberikan pelajaran kepada siswa Sekolah Islam Terpadu tersebut ada mata pelajaran Mathematics English yang dimana pelajaran tersebut di luar pelajaran matematika pada umumnya. Untuk mengetahui seberapa pentingnya serta seberapa butuh media pembelajaran pada mata pelajaran Mathematics English dan mengidentifikasi hambatan media apa saja dalam kebutuhan media pembelajaran, Penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dilakukan dengan melakukan pengamatan dan analisis data secara mendalam terhadap guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting untuk mendukung pembelajaran Mathematics English Agar siswa semangat belajar dan mengasah imajinasi mereka melalui media tersebut.References
Crandall, J. 2018. Collaborate and Cooperate: Teacher Education for Integrating Language and . English Teaching Forum, 36.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Milawati. 2021. Media Pembelajaran. Sukoharjo: TAHTA MEDIA GROUP.
Munadi, Y. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT, 173.
R. Ambarini, A. S. 2018. Interactive Media in English Math at Kindergarten : Supporting Learning, Language and Literacy with ICT. AWEJ.
Ramli, M. 2012. Media dan Teknologi pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
Ratnawulan, E. d. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Setyowati, L. 2019. Implementasi Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 11-12.
Siagian. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES, 60.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, U. 2014. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).