PENERAPAN CASE METHOD BERBANTUAN SOFTWARE POM-QM DALAM PEMBELAJARAN PROGRAM LINIER
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.157-164Keywords:
POM-QM, Case Method, Program Linier, SimpleksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan case method berbantuan software POM-QM dalam pembelajaran program linier, 2) perbedaan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier dengan berbantuan software POM-QM dan metode simpleks, dan 3) respon mahasiswa setelah penerapan case method berbasis software POM-QM pada materi program linier. Desain penelitian ini adalah pre-experimental tipe one group pretest posttest design dengan menggunakan sampel kelas 2019 A program studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan hasil dari lembar pengamatan untuk mendeskripsikan penerapan case method berbantuan software POM-QM pada materi program linier, selain itu menggunakan hasil tes kemampuan menyelesaikan masalah program linier untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier. Untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier dengan berbantuan software POM-QM dan metode simpleks digunakan uji Wilcoxon. Selanjutnya, respon mahasiswa setelah penerapan case method berbantuan software POM-QM dijelaskan melalui hasil angket respon mahasiswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa: 1) penerapan case method berbantuan software POM-QM sangat sesuai untuk materi Program Linier, 2) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah program linier dengan berbantuan software POM-QM dan metode simpleks dimana kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dengan software POM-QM lebih tinggi daripada dengan metode simpleks, dan 3) respon mahasiswa positif terhadap penerapan case method berbantuan software POM-QM dalam pembelajaran program linier.References
Andayani, E., Mustikowati, R. I., & Wahyu, S. 2022. “Case Method : Mengoptimalkan Critical Thinking , Creativity Communication Skills dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai MBKM di Era Abad 21”. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI). Vol. 16(1), pp: 52–60.
Astutik, E. P. 2019. “Profil Pemecahan Masalah Program Linier Dengan Metode Simpleks”. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SNHRP) II, pp: 450–458.
Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. 2019. “Pengaruh Software Matlab Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Program Linier”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 5(2), pp: 175-182. https://doi.org/10.24853/fbc.5.2.175-182
Fatimah, & Taufiq, M. 2022. “Pembelajaran Berbasis Case Method Melalui Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Pemahaman”. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. Vol. 3(1).
Haerullah, A., Hasan, S., Sahil, J., & Ermin. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Kemampuan Dasar Mengajar Berorientasi Case Methode untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. 8(18), pp: 551–559.
Harahap, E. P., & Yusra, H. 2022. “Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika di Forum Kelas”. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP). Vol. 4(1), pp: 26–34.
Hiswati, M. E., & Wicaksono, L. N. 2017. “Implementasi Metode Simplek Untuk Mengetahui Optimasi Produksi Gerabah (Studi Kasus: Sentra Kerajinan Kasongan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta)”. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga). Vol. 2(2), pp: 71. https://doi.org/10.14421/jiska.2017.22-02
Muhammad Sobri, Abdul Muid, S. M. D. 2021. “Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi”. AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam. Vol. 2(2), pp: 1–11.
Pernantah, P. setri, Khadijah, K., Hardian, M., Ibrahim, B., & Khasanah, M. F. 2022. “Desain Pembelajaran Berbasis Case Study pada Mata Kuliah”. Indonesian Journal of Social Education. Vol. 4, pp: 95–105.
Rahman, A., Azizah, & Sani, N. K. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Case Method dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal EduTech. Vol. 8(2), pp: 242–251.
Rumetna, M. S., Lina, T. N., Simarmata, L., Parabang, L., Joseph, A., & Batfin, Y. 2019. “Pemanfaatan POM-QM Untuk Menghitung Keuntungan Maksimum UKM Aneka Cipta Rasa (ACR) Menggunakan Metode Simpleks”. Geotik.
Weiss, H. J. 2006. POM-QM for Windows (Version 3). Pearson/Prentice Hall.
Widiastuti, F., Amin, S., & Hasbullah, H. 2022. “Efektivitas Metode Pembelajaran Case Method dalam Upaya Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Manajemen Perubahan”. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. Vol 6(1), pp: 728–731. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3034
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).