PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTER-AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MA-TEMATIS MAHASISWA

Lilis Marina Angraini, Dhiya Fathiyyah Firdaus

Abstract


Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika, dan  perubahan sistem pembelajaran yang awalnya luring lalu menjadi daring karena terjadinya pandemi Covid-19 tahun 2021, perubahan sistem pembelajaran ini menuntut penggunaan bahan ajar digital interaktif yang bisa mendukung pelaksanaan pembelajaran, hal ini menjadi alasan kenapa penelitian ini dilakukan. Tujuan khusus penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika melalui pembelajaran yang bahan ajarnya berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bersifat kuantitatif (kuasi eksperimen) yang dilakukan di 2 Universitas yang ada di Riau, yaitu Universitas Islam Riau dan Universitas Pasir Pengaraian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah Struktur Aljabar tahun ajaran 2021/2022 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 30 mahasiswa, 15 orang kelas eksperimen (mahasiswa Universitas Islam Riau) dan 15 orang kelas kontrol (mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, namun pengacakan dilakukan berdasarkan kelas yang ada di masing-masing universitas. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif kemudian data hasil tes tersebut diolah dengan uji statistik. Kolmogorov-Smirnov digunakan untuk melihat hasil uji normalitas dan Levene digunakan untuk melihat hasil uji homogenitas, serta uji T digunakan untuk melihat hasil perbedaan rata-rata masing-masing pembelajaran. Diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,039 < α = 0,05, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa pendidikan matematika yang menggunakan pembelajaran dengan bahan ajar berbasis multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.


Keywords


Berpikir Kreatif Matematis, Multimedia Interaktif, Pembelajaran Online, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. 2018. “Analisis Kemampuan BK Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang”. Jurnal Pembelaja-ran Matematika Inovatif, Vol 1(3), pp: 239–248. DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

Andiyana, M. A., Maya, R., Hidayat, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. 2018. “Analisis Kemampuan BK Matema-tis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang”. Jurnal Pembelajaran Ma-tematika Inovatif, Vol 1(3). DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248

Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multime-dia Interaktif pada Pelajaran Temat-ik dengan Tema “Indahnya Keber-samaan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar“. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya. Vol 4(1), pp: 13–22. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73

Astuti dkk. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pokamath pada Materi Aljabar Kelas VII”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Ma-temtika dan Matematika. Vol 7(1) ,pp: 1-10. DOI: https://dx.doi.org/10.24853/fbc.7.1.1-10

Cahyadi, R. A. H. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model”. Halaqa: Islamic Education Journal. Vol 3(1), pp:35–42. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darwanto. 2019. “Kemampuan BK Ma-tematis (Pengertian dan Indi-katornya)”. Jurnal Eksponen. Vol 9(2), pp: 20-26 DOI: 10.47637/eksponen.v9i2.56

Dewi, S. R., & Haryanto, H. 2019. “Pengembangan multimedia inter-aktif penjumlahan pada bilangan bu-lat untuk siswa kelas IV sekolah da-sar”. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Vol 9(1), pp: 9. DOI: http://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059

Diah Kurniawati, I., & Sekreningsih, N. 2018. “Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa”. Journal of Computer and Information Technology. Vol 1(2). DOI: http://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Faturohman, I., Ekasatya, D., & Afrian-syah, A. 2020. Jurnal Pendidikan Matematika Peningkatan Kemam-puan BK Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mushor-afa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9(1), pp: 107–118. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Firmadani, F. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0”. Prosiding Konferensi Pendidi-kan Nasional. pp: 93–97.

Gufron, A., Darwan, & Winarso, W. 2018. “Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika. Vol 4(2). DOI: https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v4i2.889

Hanipah, N., Yuliani, A., & Maya, R. 2018. “Analisis Kemampuan BK Matema-tis Siswa Mts Pada Materi Ling-karan”. Vol 7(1). DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1316

Heru, & Yuliani, R. E. 2020. “Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multi-media Pembelajaran Interaktif Ber-basis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Mu-hammadiyah Palembang”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 5(1), pp: 35. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202051.279

Kresnadi, H., & Pranata, R. 2020. “Analisis Pengunaan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Dengan Model Daring Pada Pembelajaran Tematik Di Sd Islam Al-Azhar 21 Pontianak”. Jurnal Belaindika, Vol 02(03), pp: 1-6. DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i3.40

Maulana Akhdiyat, A., Hidayat, W., Sili-wangi, I., & Terusan Jenderal Su-dirman Cimahi, J. 2018. “Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan BK Matematis Siswa SMA”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 1(6). DOI: http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1045-1054

Muslim Sanusi, A., Septian, A., & Inayah, S. 2020. “Kemampuan BK Matema-tis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret”. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 9(3). DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality”. Jurnal Edukasi Elektro. Vol 1(1). DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Mustika Ilmiani, A., Fuadi Rahman, N., & Rahmah, Y. 2020. “Multimedia In-teraktif Untuk Mengatasi Prob-lematika Pembelajaran Bahasa Ar-ab". Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. Vol 8(1), pp: 17–32. DOI: https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N.2015. Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607

Raden, I., & Lampung, I. 2015. „Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan BK Matematis Siswa Bambang Sri Anggoro“.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6(2). https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25

Rahayu, E. L., Akbar, P., Afrilianto, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (n.d.). “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Strategi Think-ing Aloud Pair Problem Solving Terhadap Kemampuan BK Matema-tis”. Journal on Education. Vol 1(2), pp: 271-278. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.64

Rahmi, S. M., Arif Budiman, M., & Widyaningrum, A. 2019. “Pengem-bangan Media Pembelajaran Inter-aktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pen-galamanku”. International Journal of Elementary Education. Vol 3(2), pp: 178–185. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. 2016. “P2M STKIP Siliwangi Meningkat-kan Kemampuan BK Matematis”. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. Vol 3(1). DOI: https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478

Susilawati, S., Pujiastuti, H., & Sultan Ageng Tirtayasa, U. (n.d.). “Analisis Kemampuan BK Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Matematis Siswa”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4(2), pp: 512-525. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.244

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhar-tono, T. 2020. “Meningkatkan Ke-mampuan BK Matematis Siswa Me-lalui Pendekatan Open-Ended”. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol 7(1), pp: 43–48. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328

Widianto, E., Anisnai’l Husna, A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, A. I. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi”. Journal of Education and Teaching. Vol 2(2), pp:213–224. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Widiastuti, A., & Febby Indriana, A. 2019. “Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan BK Siswa pada Materi Peluang”. UNION: Jurnal Pendidi-kan Matematika. Vol 7(3). DOI: https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. 2021. “Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Se-bagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19”. Khazanah Pendidikan. Vol 15(2), pp: 139. DOI: 10.30595/jkp.v15i2.10809

Yenti, F. 2020. “Media Pembelajaran Ma-tematika Berbasis Multimedia Inter-aktif Menggunakan Software After Effect Cc”. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah. Vol 3(2), pp: 167 - 181. Available at: .




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.179-186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ