ANALISIS LEARNING OBSTACLES MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA KONSEP TURUNAN
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.187-196Keywords:
Learning Obstacles, Konsep Turunan, Ontological ObstaclesAbstract
Kesulitan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan konsep turunan dapat berpotensi menimbulkan hambatan belajar (learning obstacles). Hal ini berakibat pada pemerolehan pengetahuan mahasiswa tentang konsep terkait yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis learning obstacle yang muncul pada konsep turunan pada jenis ontologis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari mahasiswa program studi Pendidikan Matematika semester 1 yang sudah mengikuti perkuliahan Kalkulus Diferensial. Data diperoleh dengan memberikan tes dan melakukan wawancara. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi tekhnik yang dilakukan dengan membandingkan informasi atau data pada sumber yang sama dengan tekhnik berbeda. Wawancara dilakukan untuk mengklarifikasi adanya learning obstacles pada konsep turunan. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hambatan ontogenik konseptual, instrumental, dan psikologis. Secara umum, learning obstacles ini merupakan pertimbangan bagi pendidik dalam merancang desain didaktis pada konsep turunanReferences
Asih, K., S., Rosita., C., D., Tonah., 2018. “Analisis Learning Obstacles Pada Pokok Bahasan Aplikasi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA”. Prosiding SNMPM II,Prodi Pendidikan Matematika Unswagati, Cirebon, 10 Maret 2018
Borji, V., Alamolhodaei, H., & Radmehr, F.2018. “Application of the APOS-ACE Theory To Improve Students’ Graphical Understanding Of Derivative”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 14(7), pp: 2947-2967.
Brosseo G. 2002. Theory of Didactical Situations in Mathematics. Dordrecht:Kluwer Academic Publisher
Cesaria, A. N. N. A., & Herman, T. A. T. A. N. G. 2019. “Learning obstacle in geometry”. Journal of Engineering Science and Technology. Vol 14(3), pp: 1271-1280.
Desmayanasari, D., & Hardianti, D. 2021. “Desain Didaktis Sifat-sifat Bangun Datar Segiempat”. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 6(1), pp: 18-31.
Dominguez, A., Barniol, P., & Zavala, G. 2017. “Test of understanding graphs in calculus: Test of students’ interpretation of calculus graphs”. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education
Fuadiah, N. F. 2016. “Miskonsepsi sebagai Hambatan Belajar Siswa dalam Memahami Matematika”. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara. Vol 7(2), pp: 87-92.
Fuentealba, C., Badillo, E., Matamoros, G.S., Cárcamo, A. 2019. “The Understanding of the Derivative Concept in Higher Education”. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. Vol 15(2).
Hashemi, N., Abu, M.S., Kashefi, H., Mokhtar, M. 2015. “Designing Learning Strategy to Improve Undergraduate Students’ Problem Solving in Derivatives and Integrals: A Conceptual Framework”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Vol 11(2), pp: 227-238
Maharaj. A. 2013. “An APOS Analysis of natural students’ Understanding of derivatives”. South African Journal of Education. Vol 33(1), pp: 1-16.
Moleong, L.J,. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Y.L. 2016. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori APOS pada Materi Turunan”. Edumatica. Vol 6(01).
Prihandika, A. Prabawanto, S., Turumudi., T., Suryadi D. 2020. “Epistemological Obstacles:An Overview of Thinking Process on Derivative Concept by APOS Theory and Clinical Interview”. Journal of Physics:Conference Series.1521
Purcell, E., J. Verberg, D., & Rigdon, S.E. 2010. Kalkulus Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Tall, D. 1993. “Students’ Difficultsies in Calculus”. Proceedings of Working Group & on Students’ Difficulties in Calculus, ICME-7
Putri, F. M. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dasar Layanan Jurusan Non Eksak”. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 2(1), pp: 44-52.
Rosiyanti, H., & Kamil, G. 2018. “Penggunaan Lembar Kerja Siswa Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP dharma karya UT”. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Vol 4(2), pp: 155-160.
Safitri, G., & Dasari, D. 2022. “Student’s Obstacles In Learning Volume Of Cube And Cuboid”. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 8(2), pp: 112-122.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : Alfabeta
Suryadi, D. 2019. Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung:Gapura Press. Cet. Ke 1
Tohirin.2016.Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Cet. Ke-2
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. 2021. “Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan”. Research and Development Journal of Education. Vol 7(2), pp: 226-236.
Unaenah, Een. 2017. “Analisis Learning Obstacles Konsep Geometri pada Mahasiswa Semester 1 Program Studi Pendidikan Dosen Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.
Utari, R. S., & Utami, A .2020. “Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Dalam Mengidentifikasi Penyelesaian Soal Integral Tak Tentu Dan Tentu”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 14(1), pp: 39-50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).