PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOMBER MATH UNTUK SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.24853/fbc.8.2.149-156Keywords:
Media Pembelajaran, Bomber Math, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini dilakukan karena masih belum banyak guru yang dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran sering dianggap membosankan dan kurang menarik oleh siswa serta tampilan buku pelajaran yang monoton membuat siswa kurang minat dalam belajar. Oleh karena itu, media pembelajaran Bomber Math dibuat sebagai alat untuk menunjang pembelajaran siswa sehingga siswa tidak merasa bosan dan kurang tertarik saat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Bomber Math pada materi sistem persamaan linear dua variabel untuk siswa kelas VIII sehingga layak digunakan oleh siswa sebagai media pembelajaran yang menarik. Model penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3D yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan siswa kelas VIII SMP Islam At-Taqwa. Pengambilan data dilakukan melalui angket uji kelayakan media dan angket respon siswa yang kemudian dianalisis menggunakan analasis data kuantitatif deskriptif. Hasil kelayakan media oleh ahli materi didapat dari 2 aspek, yaitu aspek pembelajaran dan aspek materi dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 4,395 dengan kriteria “sangat baik”, sedangkan hasil kelayakan media oleh ahli media didapat dari 2 aspek, yaitu aspek tampilan media pembelajaran dan aspek penggunaan dengan perolehan skor rata-rata keseluruhan 4,11 dengan kriteria “baik”. Berdasarkan hasil analisis data maka media pembelajaran Bomber Math layak untuk digunakan.References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.
Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fazar, Ibnu., Zulkardi., Somakim. 2016. “Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Menggunakan Aplikasi Geogebra Berbantuan Android Di Sekolah Menengah Atas”. Jurnal UNTIRTA. Vol. 9(1), pp: 6-11.
Hastuti, Nuraida Lutfi., Nur Hadi Waryanto., dan Endah Retnowati. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment Berupa Android Mobile Game Untuk Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Segi Empat”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 6(2), pp: 67-75.
Marwanta, dkk. 2009. Matematika SMA Kelas X. Jakarta: Yudhistira.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.
Munadi, Yudi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFERENSI.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Safitri, Meilani., Yusuf Hayono., Somakim. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII”. Jurnal Pendidikan. Vol. 14(2) pp: 71.
Sanaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif – Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sudirman. 2013. Cerdas Aktif Matematika Pelajaran Matematika Untuk SMP. Jakarta: Ganeca Exact.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardoyo, Tri Cipto Tunggul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri Purworejo. Skripsi Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media. Yogyakarta: Kata Pena.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).