PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII

Ririn Widiyasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa pada materi SPLDV kelas VIII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, LKS, dan E
learning. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kontruktivis dengan bantuan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons guru, respons siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pembelajaran kontruktivis berbantuan e-learning ini dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika kontruktivis berbantuan e-learning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Asman H., dkk. (2002). Educational Learning Management System (ELMaS): Model

Generik Sistem Pengurusan Pembelajaran Berasaskan-Web untuk Latihan

Perguruan. http://www2.moe.gov.my/~ipda (25 September 2010).

Bahbahani, K. (2006). “Inside Look: An Interior Portrait of Constructivist

Teachers”. The Construktivist, 17/1.

Brooks & Brooks. (1999). In search of Undestanding: the Case for Contructivist

Classrooms. Alexsandria, VA: Association for Supervision and Curriculum

Development.http://asimov.coehs.uwosh.edu/~cramer/ casestudy1/concept/

constructivist.html (diakses 27 januari 2010).

Cunningham, D. D. (2006). “The Seven Principles of Constructivist Teaching: A Case

Study”. The Constructivist, 17/1.

Darsono, M., dkk. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri

Semarang (Unnes) Press.

Davis D. & Sorrel J. (1995). Mastery Learning in Public Schools. Valdosta: Valdosta

State University. http://teach.valdosta.edu/whuitt/files/ mastlear html (diakses 3

februari 2010).

Fuady, A. (2008). Paradigma Baru dalam Pendidikan dan Pembelajaran Leraning is

Fun. Bandung: P4TK-BMTI.

Hendrawan, C. & Yudhoatmojo, S. B. (2001). Web-Based Virtual Learning

Environment: A Research Framework and A Preliminary Assessment in Basic IT

Skills Training. MIS Quarterly. 401-426. Tersedia: GNU Free Document License

(diakses 25 September 2010).

Hidayat, M. A. (2004). Bahan Penelitian Matematika “ Teori-teori Belajar

Matematika”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Horslay, S. L. (1990). Elementary School Sciene for the 90’s. Virginia: Association

Supervision and curriculum Development.

Jamaludin, A. (2007). Internet Menuju Sekolah: Jardiknas. Online. Tersedia:

ade_smkams@yahoo.co.id (diakses 12 Desember 2007).

Kennedy, L.T.S. (1994). Guilding Children’s Learning of Mathematics: Wordwars

Publishing Company.

Lee, Nicoll, & Brooks. (2002). A Comparison of Inquiry and Worked Example WebBased Instruction Using Physlets. Dalam Computers & Education [Online], Vol

(5), 7 (diakses 12 Maret 2010).

Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam

Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Sudarman. (2007). ”Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk

Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal

Pendidikan Inovatif. Vol 2 (2), hal: 68-73.

Sutinah, A. (2006). Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar.

www.google.com/pembelajaran/interaktif/sutinah (diakses 12 Desember 2010).




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.64-81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ