PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONSTRUKTIVIS BERBANTUAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII
Abstract
learning. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan pembelajaran kontruktivis dengan bantuan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respons guru, respons siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pembelajaran kontruktivis berbantuan e-learning ini dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika kontruktivis berbantuan e-learning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Asman H., dkk. (2002). Educational Learning Management System (ELMaS): Model
Generik Sistem Pengurusan Pembelajaran Berasaskan-Web untuk Latihan
Perguruan. http://www2.moe.gov.my/~ipda (25 September 2010).
Bahbahani, K. (2006). “Inside Look: An Interior Portrait of Constructivist
Teachers”. The Construktivist, 17/1.
Brooks & Brooks. (1999). In search of Undestanding: the Case for Contructivist
Classrooms. Alexsandria, VA: Association for Supervision and Curriculum
Development.http://asimov.coehs.uwosh.edu/~cramer/ casestudy1/concept/
constructivist.html (diakses 27 januari 2010).
Cunningham, D. D. (2006). “The Seven Principles of Constructivist Teaching: A Case
Study”. The Constructivist, 17/1.
Darsono, M., dkk. (2001). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri
Semarang (Unnes) Press.
Davis D. & Sorrel J. (1995). Mastery Learning in Public Schools. Valdosta: Valdosta
State University. http://teach.valdosta.edu/whuitt/files/ mastlear html (diakses 3
februari 2010).
Fuady, A. (2008). Paradigma Baru dalam Pendidikan dan Pembelajaran Leraning is
Fun. Bandung: P4TK-BMTI.
Hendrawan, C. & Yudhoatmojo, S. B. (2001). Web-Based Virtual Learning
Environment: A Research Framework and A Preliminary Assessment in Basic IT
Skills Training. MIS Quarterly. 401-426. Tersedia: GNU Free Document License
(diakses 25 September 2010).
Hidayat, M. A. (2004). Bahan Penelitian Matematika “ Teori-teori Belajar
Matematika”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Horslay, S. L. (1990). Elementary School Sciene for the 90’s. Virginia: Association
Supervision and curriculum Development.
Jamaludin, A. (2007). Internet Menuju Sekolah: Jardiknas. Online. Tersedia:
ade_smkams@yahoo.co.id (diakses 12 Desember 2007).
Kennedy, L.T.S. (1994). Guilding Children’s Learning of Mathematics: Wordwars
Publishing Company.
Lee, Nicoll, & Brooks. (2002). A Comparison of Inquiry and Worked Example WebBased Instruction Using Physlets. Dalam Computers & Education [Online], Vol
(5), 7 (diakses 12 Maret 2010).
Ruseffendi, E.T. (1991). Penilaian dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam
Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.
Sudarman. (2007). ”Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk
Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal
Pendidikan Inovatif. Vol 2 (2), hal: 68-73.
Sutinah, A. (2006). Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar.
www.google.com/pembelajaran/interaktif/sutinah (diakses 12 Desember 2010).
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.64-81
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |