PENGARUH LETAK GEOGRAFIS SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan teknik regresi berganda dengan variabel dummy. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif antara letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan angka indeks korelasi product moment 0,303. Sedangkan tingkat pengaruh yang diperoleh dari letak geografis sekolah dengan konsentrasi belajar sebesar 9,2%.
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, Diana, dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan
Kontrak (Contingency Contracting) untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan
Bimbingan Konseling Volume: 2 No. 1, Tahun 2014.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badan Standarisasi Nasional (BSN). (2004). Tata Cara Perencanaan Lingkungan
Perumahan di Perkotaan.
Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar Program Pascasarjana. Surakarta:
Universitas Negeri Sebelas Maret.
B. Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar
yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Akasara.
Danim, Surdarwan. (2010). Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.
_____________. (2008). Visi Misi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi
Kelembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gie, The Liang. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran
Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Istianah. (2008). Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta.
Juanda, Bambang. (2009). Ekonometrika Pemodelan dan Pendugaan. Bogor: IPBPress.
Latif, Abdul. (2009). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika
Aditama.
Mariyana, Rita, dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta:
Andi.
Rasyad, Aminuddin. (2006). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press
dan Yayasan PEP-EX8.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru
Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Proses Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
________. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Syamsiah. (2011). Pengaruh Puasa Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta.
Thabrany, Hasbullah. (1995). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada, PT. Lentera Abadi.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.82-96
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |