PENGARUH LETAK GEOGRAFIS SEKOLAH TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ismah Ismah, Erna Ratna Wibiastuti

Abstract


Belajar merupakan kunci utama dalam dunia pendidikan, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan nasional tergantung dalam proses pembelajaran yang dialami siswa. Selama proses belajar seringkali ditemui masalahmasalah dalam pembelajaran. Salah satu masalah belajar seringkali berkaitan dengan konsentrasi belajar. Konsentrasi merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan, hal tersebut disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi siswa untuk berkonsentrasi, di antaranya adalah kebisingan, acara lebih menarik dan sebagainya. Berdasarkan hal ini peneliti mencoba untuk melihat pengaruh letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk menganalisis dan menelaah pengaruh letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kuantitatif metode survei. Populasinya adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015 dan sampel penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Tangerang Selatan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tangerang Selatan, Ssekolah Menengah Pertama Islamiyah Ciputat, Madrasah Tsanawiyah Serpong dan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 16 Ciputat. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purpossive Sampling dan Cluster
Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik dengan teknik regresi berganda dengan variabel dummy. Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh yang positif antara letak geografis sekolah terhadap konsentrasi belajar matematika siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan angka indeks korelasi product moment 0,303. Sedangkan tingkat pengaruh yang diperoleh dari letak geografis sekolah dengan konsentrasi belajar sebesar 9,2%.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, Diana, dkk. (2014). Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan

Kontrak (Contingency Contracting) untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan

Bimbingan Konseling Volume: 2 No. 1, Tahun 2014.

Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badan Standarisasi Nasional (BSN). (2004). Tata Cara Perencanaan Lingkungan

Perumahan di Perkotaan.

Budiyono. (2011). Penilaian Hasil Belajar Program Pascasarjana. Surakarta:

Universitas Negeri Sebelas Maret.

B. Uno, Hamzah. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar

yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Akasara.

Danim, Surdarwan. (2010). Otonomi Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta.

_____________. (2008). Visi Misi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi

Kelembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gie, The Liang. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran

Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Istianah. (2008). Pengaruh Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Juanda, Bambang. (2009). Ekonometrika Pemodelan dan Pendugaan. Bogor: IPBPress.

Latif, Abdul. (2009). Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung: Refika

Aditama.

Mariyana, Rita, dkk. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Priyatno, Duwi. (2012). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta:

Andi.

Rasyad, Aminuddin. (2006). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press

dan Yayasan PEP-EX8.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti

Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohani, Ahmad. (2010). Pengelolaan Pengajaran Sebuah Pengantar Menuju Guru

Profesional. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Proses Pendidikan. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

________. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Syamsiah. (2011). Pengaruh Puasa Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. Jakarta: UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Thabrany, Hasbullah. (1995). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada, PT. Lentera Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.82-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ