PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN SOFTWARE WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Halimah Sya’diah, Prahesti Tirta Safitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kuantum berbantuan software wingeom. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMA Negeri di Kota Tangerang tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan jumlah 69 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis baik tes awal dan tes akhir yang berbentuk uraian. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberi model pembelajaran kuantum berbantuan software wingeom dengan siswa yang diberi pendekatan saintifik.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

DePorter, B & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, B., Mark R., & Sarah S. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang- Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Fu’ad, M. (2013). “Pembelajaran Geometri Berbantuan Wingeom Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Disposisi Matematis Siswa”. Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasanah, R. (2014). “Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Matematika Realistik

Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Kesebangunan

Dan Kekongruenan”. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Kosasih, N. & Sumarna, Dede. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi

Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah:

Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia”. Jurnal

Pendidikan Dan Kebudayaan. Volume 20, Nomor 4. Kemdikbud

Ridwan, A. S. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:

Bumi Aksara.

Riyanto, B. & Siroj, R.A. (2011). “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi

Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah

Atas”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 5, Nomor 2. Palembang: Universitas

Sriwijaya

Rudhito, A. (2008). Geometri Dengan Wingeom. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma.

Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung :

UPI.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran & Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV. IPA Abong.

Yusmiati, C. (2012). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Induktif Matematik

Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah”. Skripsi, Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.13-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ