IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MATERI TRANSFORMASI LINIER

Penulis

  • Hastri Rosiyanti Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.25-36

Abstrak

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi Transformasi Linier dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Sampel penelitian sebanyak 28 mahasiswa semester V dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian pemahaman konsep matematika. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang valid dan reliabel, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme materi Transformasi Linier.

Biografi Penulis

Hastri Rosiyanti, Universitas Muhammadiyah Jakarta

Pendidikan Matematika

Referensi

Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasri dan Komunasikasi. Bandung: Sekolah

Pascasarjana UPI dan CV Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subana. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Penelitian. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-12-30