IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MATERI TRANSFORMASI LINIER

Hastri Rosiyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika mahasiswa pada materi Transformasi Linier dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme. Sampel penelitian sebanyak 28 mahasiswa semester V dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian pemahaman konsep matematika. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang valid dan reliabel, kemudian dianalisis dengan menggunakan statistika Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme materi Transformasi Linier.

Full Text:

PDF

References


Kadir. (2010). Statistika untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Rosemata Sampurna.

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasri dan Komunasikasi. Bandung: Sekolah

Pascasarjana UPI dan CV Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Subana. (2001). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Penelitian. Yogyakarta: Kanisius.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.25-36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ