PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
randomized subject posttest only. Penentuan sampelnya dengan cluster
random sampling. Tes yang diberikan sebanyak 10 soal berbentuk uraian. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Kai Kuadrat (chi square), Uji Fisher dan teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis diperoleh thitung=2,11, pada taraf signifikansi 5% dan db=76, diperoleh ttabel=1,99. Karena thitung> ttabel (2,11>1,99), maka Ho ditolak, artinya skor rata-rata tes akhir siswa kelompok eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan strategi belajar peta konsep lebih tinggi dari pada skor rata-rata tes akhir siswa kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Full Text:
PDFReferences
Azia, Yunia Mulyani. (2009). Penerapan Peta Konsep Segitiga pada Siswa SMA.
EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya. Diakses di http://educare.fkipunla.net,
tanggal 22 Juni 2010.
Kadir. (2004). Efektifitas Strategi Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains dan Matematika.
Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No.051 tahun ke-10. Jakarta: PDII LIPI.
Pitadjeng dan Wahyuningsih. (2003). Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran untuk
Memahami Konsep-Konsep Penting Matematika di SD. Dalam Laporan Penelitian.
Jakarta: PDII LIPI.
Rosyada, Dede. (2004). ParadigmaPendidikan Demokratis. Jakarta: Prenada Media.
Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.
Zulfiani, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.45-58
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |