PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Authors

  • Murti Ayu Setianingrum Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dian Novitasari Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.59-70

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh model pembelajaranThinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cikupa tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri Cikupa 3 mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan quasi eksperimental desaign. Dari hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa ratarata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.

Author Biographies

Murti Ayu Setianingrum, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan

Dian Novitasari, Universitas Muhammadiyah Tangerang

Pendidikan

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.

Barkley, E. E., Cross, K.P., & Major, C.R. (2012). Collaborative Learning Techniques.

Bandung: Nusa Media.

Jonassen, David H. (2003). Learning to Solve Problem. San Fransisco: Pfeiffer.

Rohman, M. Gani. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Tapps Terhadap Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga Di Man 2

Kudus. Semarang: UNNES.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Sharan, Shlomo. (2014). The Handbook Of Cooperative Learning. Yogyakarta: Istana

Merdeka.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, B. Hamzah. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Whimbey, A., Lochhead, J., Narode, R., (2013). Problem Solving and Comprehension.

Routledge: New York.

Downloads

Published

2015-12-30