PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA
Abstract
Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Cikupa tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian kelas VII SMP Negeri Cikupa 3 mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan quasi eksperimental desaign. Dari hasil perhitungan statistika menunjukkan bahwa ratarata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) ini berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Barkley, E. E., Cross, K.P., & Major, C.R. (2012). Collaborative Learning Techniques.
Bandung: Nusa Media.
Jonassen, David H. (2003). Learning to Solve Problem. San Fransisco: Pfeiffer.
Rohman, M. Gani. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Tapps Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Materi Ruang Dimensi Tiga Di Man 2
Kudus. Semarang: UNNES.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sharan, Shlomo. (2014). The Handbook Of Cooperative Learning. Yogyakarta: Istana
Merdeka.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Uno, B. Hamzah. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang
Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Whimbey, A., Lochhead, J., Narode, R., (2013). Problem Solving and Comprehension.
Routledge: New York.
DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.59-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Jurnal Fibonacci Indexed By: |
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License |