PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN MEDIA E_LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII

Ririn Widiyasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Silabus, RPP, E-learning, LKS, dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan media e-learning dan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah mempunyai nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan yang tinggi. Hal ini terlihat dari pendapat validator, respon guru, respon siswa, dan hasil uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan bantuan media elearning ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga prestasi belajar siswa lebih baik, dari hasil tersebut disarankan agar pembelajaran matematika dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbantuan media elearning perlu diterapkan pada sekolah-sekolah.

Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1998). Interactive – Engagement Versus Traditional Methods ; A. Six –

Thousand – Student Survey of Mechanics Tes Data for Introductory Physics Course,

American Association of Physic Teacher. 66 (1) 64-74.

http://web.mit.edu/rsi/www/2005/misc/minipaper/papers/Hake.pdf di akses 10 Januari

Herawati, S. (1994). “Penelusuran Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami

Bangun-bangun Geometri Studi Kasus di KelasVI SD No. 4 Purus Selatan”. Tesis, IKIP

Malang

Hudojo, H. (1998). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Kennedy, L. T. S. (1994). Guilding Children’s Learning of Mathematics. Wordwars

Publishing Company.

Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality: Design Approches and Tools in

Education and Training. Van den Akker, jan. et.al. Dordrecht, the Neterlands: Kluwer

Academic Publisher.

Ruseffendi, ET. (1991). Penilaian dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran

Matematika. Bandung : Tarsito.

Sutinah, A. (2006). Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia di Sekolah Dasar.

www.google.com/pembelajaran/interaktif/sutinah (diakses 12 Desember 2010).

Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif

dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.1.2.71-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

Jurnal Fibonacci Indexed By:

  gs cro   one            

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Powered by Puskom-UMJ